Tips Menonton Anime yang Baik dan Benar

 

Untuk manusia-manusia pencinta anime, pasti banyak waktu yang kita dedikasikan cuma buat nonton anime. Mau itu marathon 12-24 episode anime atau sabar nungguin tiap episode per minggu di primetime. Dan pastinya kita juga bakal berdebat tentang GOOD atau BAD nya sebuah anime. Mulai dari Character Development, Storyline, Twist, dll. Tapi sadar ga kalo salah satu factor penentu dari “Penilaian” kita ada di Experience kita saat menonton?

Experience kayak mood, sound, bahkan hati yang galau karena ditinggal kekasih pun ngaruh ke penilaian kita. NAH!! Kali ini gue mau share TIPS MENONTON ANIME YANG BAIK DAN BENAR supaya memaksimalkan experience itu dan kita bisa menonton sebuah anime sebagaimana anime itu seharusnya ditonton.

 

  1. Bersihin Kamar!!

tips nonton anime 1

Bersihin kamar sebersih dan serapih mungkin. Karena kalo kamar kamu bersih, pikiran kamu juga lebih jernih dan kamu pastinya bias lebih fokus nonton kan? Coba kalo celana dalem kamu berserakan dimana-mana terus kamu mau nonton CLANNAD? Bisa2 nangis bukan karena storylinenye, tapi karena kebauan sesak napas.

 

  1. Headphone!!

tips nonton anime 4

Mungkin kalian udah pada tau kakamu Seiyuu (Pengisi Suara) di Jepang itu di kerjakan dengan sangat professional sehingga karakter dalam anime seolah punya ‘nyawa’. Belum lagi BGM dan Soundtrack yang bisa memainkan emosi penonton naik turun. Dan yang bisa memaksimalkan itu semua : HEADPHONES!! Bener deh, kalo bisa jangan nonton anime di speaker murahan GREGETnya ga dapet.

 

  1. Taruh Snack di Jangkauan.

tips nonton anime 5

Kalo kamu tipe orang yang suka ngemil selagi nonton, siapin dan taro snack kamu di jangkauan tangan kamu. Kalo bisa posisi nyaman kamu jangan sampe berubah walau harus ngambil snack. Dan snacknya jangan terlalu berisik, nanti ga kedengeran suara anime nya.

 

  1. Anime dari Source yang bagus

tips nonton anime 6

Ada 2 tipe penonton anime : 1. Hardcore, yang bela-belain beli Blu-Ray Disc anime favoritnya. Dan 2. Pas-pasan, yang sukanya nge-download anime favoritnya dari forum-forum. Ga peduli mau kamu termasuk di tipe mana, usahakan dapatkan source anime kamu yang paling bagus. Ya kalo download misalnya jangan yang di compress mini banget, usahakan minimal DVDrip ato kalo bisa malah BRrip. Karena kalo kompressan itu banyak kualitas yang akan berkurang seperti suara atau kualitas gambar. Dalam beberapa level emang ga terlalu terasa tapi sayang aja.

 

  1. Jauhkan Semua Masalah Duniawi

tips nonton anime 2

Nonton anime itu ibarat kita pergi ke dimensi lain. Dunia Lain. Ambil 5-10 Menit untuk meditasi kecil-kecilan. Lupakan semua masalah yang terjadi di dunia nyata. Pacar ngambek, Atasan Murka, Cicilan motor belom lunas, Mantan ngajakin selingkuh? LUPAKAN SEMUA!!

 

  1. Lights off!!

tips nonton anime 7

Matiin lampu kamar kamu, dan nikmati anime kamu!

 

Tapi eh Tapi!! Mau sebagaimana pun asiknya kamu nonton anime, atau seberapa serunya anime kamu sedang berlangsung, kalo kamu dipanggil sama ibu kamu karena ibu kamu perlu bantuan, TINGGALKAN ANIME KAMU!! Karena ga ada yang lebih penting dari ibu kamu, termasuk anime dan waifu tercintah!

tips nonton anime 3

Categories: Pop-Culture | Leave a comment

Idol 101 : Idol? Apaan Sih?

Tanggal 18 Maret kemaren Gue ulang tahun, dan sahabat2 Gue pun dateng kerumah Gue buat ngasih kue ultah. Bener2 sahabat yang baik. Mereka ngerti perasaan jomblo yang ngerayain ulang tahun sendirian sambil jongkok di pojok kamar. *hiks*

Nah ditengah-tengah obrolan Gue sama sahabat2 Gue entah gimana ceritanya jadi ngelebar ngebahas Idol. Kayak pertanyaan2 “Idol itu apa sih?” dan pertanyaan2 lanjutan kayak “Kok mereka kalo nyanyi lipsync?”, “dancenya kok kaku gitu ya?” atau cibiran kayak “idol sok imut ah!”. Disini Gue tersadar kalo walaupun udah hampir 4 tahun sejak JKT48 dibentuk di indonesia dan kata “Idol” mulai sering kita dengar, masih banyak orang yang ga tau dan kurang paham apa itu idol.

Dan sebagai Duta Seni dan Kebudayaan Jepang Departemen Kultur Pop (Self-proclaimed). Gue akan mencoba menjelaskan dengan singkat mengenai “Idol? Apaan Sih?”

==============================================================================

Idol Itu Apa?

Gampangnya Idol itu adalah orang2 yang sedang dalam perjalanan menuju dunia keartisan. Beda sama selebritis atau artis yang biasa kita liat di TV, idol itu belum jadi selebritis atau artis. Tugas seorang Idol adalah mengumpulkan fans sebanyak2nya dan menemukan kemampuan dan jati dirinya untuk nantinya saat dia terjun total di dunia showbiz. Dan nilai jual seorang idol adalah rasa senang kita, para fans, melihat sang Idol berusaha sekuat tenaga untuk berkembang dan tumbuh untuk menjadi entertainer sejati.

idol-1

Kalo Idol Group itu apa? Girlband atau Boyband gitu ya?

Bukan. Idol Group itu adalah kumpulan para Idol dibawah satu nama, seperti : AKB48, EXILE, Morning Musume, dsb. Biasanya dalam Idol Group akan lebih mudah mempromosikan sang Idol mengingat banyaknya fans yang memperhatikan mereka, tapi disisi lain para Idol di Idol Group seakan bersaing dengan sesama member dalam memperoleh fans.

beberapa contoh Idol Group

beberapa contoh Idol Group

Perbedaan yang paling mencolok adalah Proses. Girlband, seperti SNSD, 2NE1, dsb. Adalah sebuah produk final. Sebuah produk yang telah menjalani proses penyaringan, pelatihan ketat dan pembentukan karakter yang dilakukan agensi pada membernya. Sedangkan pada Idol Group bisa dibilang adalah tahap prosesnya. Member dari Idol Group adalah orang2 yang masih mentah dan kasar, Semua kegiatan yang dilakukan member Idol Group adalah dalam rangka untuk mengasah dan mempoles mereka hingga menjadi entertainer yang matang.

beda Idol Grou dengan Girlband/Boyband

beda Idol Grou dengan Girlband/Boyband

Idol Kok Kalo Nyanyi Lipsync? Suaranya Jelek Ya?

Yup. Beberapa Idol emang suaranya ga bagus, ada juga yang dancenya jelek. Terus kenapa mereka bisa jadi Idol? Karena ga semua tujuan seorang Idol itu jadi Penyanyi. Ada juga Idol yang tujuan akhirnya untuk jadi Aktris, Seiyuu, Model, atau Fashion Designer. Dan tujuan dasarnya untuk jadi Idol yaitu : Ngumpulin Penggemar, Dikenal Masyarakat, dan Memperluas Kenalan Bisnis. Cuma untuk masuk Idol Group syarat dasarnya biasanya harus bisa nyanyi dan dance karena promosi utama mereka adalah pertunjukan show.

Yukirin AKB48 dan Iriyama Anna AKB48 di Dorama Kurofuku no Monogatari

Yukirin AKB48 dan Iriyama Anna AKB48 di Dorama Kurofuku no Monogatari

Jadi Kalo Jadi Idol, Nantinya Pasti Jadi Selebritis?

Enggak. Seperti yang Gue bilang kalo Idol itu hanya wadah suatu proses. Hasil akhirnya cuma 2 : Berhasil jadi apa yang mereka cita2kan atau Keluar dan balik lagi ke kehidupan normal. Dan yang kayak kita tahu, mau di negara manapun, untuk masuk dan bertahan di dunia Showbiz itu berat banget, jadi ya ga heran kalo Idol yang gagal ditengah jalan juga banyaknya bukan main.Dan dengan bergabung dengan Idol Group, walaupun menambah berat persaingan, kesempatannyapun lebih banyak, seperti Haruka Nakagawa JKT48 yang dapet kesempatan lebih bagus untuk karirnya setelah ditransfer dari AKB48 Jepang ke Indonesia.

Haruka dan Sule di Ini Talkshow

Haruka dan Sule di Ini Talkshow

Idol Sok Imut! Bikin ilfil!!

Pertama, emang asalnya Idol kn dari Jepang. Dan menurut ahli (beneran menurut ahli) di Jepang itu ada semacam kultur Moe dan Kawaii. Mungkin kalo di Indonesia disebutnya “Sok Imut”. Tapi di Jepang ada juga istilah buat sok imut, yaitu “Burikko” dan sama kayak disini, biasanya pelaku Burikko ini ga disukain.

Dan Kedua, Idol biasanya mulai karir mereka sebagai Idol pada usia muda, bahkan ada yang masih 11 tahun. Di usia muda ini biasanya mereka belom punya kepribadian atau karakter yang menonjol, makanya terkesan sok imut. Dan banyak yang menemukan karakter mereka di karir Idol mereka.

Itano Tomomi 2006 dan Itano Tomomi 2011

Itano Tomomi 2006 dan Itano Tomomi 2011

Hmmm…Udah Sering Liat Video Klipnya di Youtube. Tapi Kok Kurang Interest Ya?

Emang sih jarang banget yang bisa suka banget sama Idol Group cuma dengan nonton Video Klip mereka. Biasanya orang jadi fans mereka karena nonton variety shows, performance live, dan ikut event yang diselenggarain khusus (kayak handshake event, hug event, dll.). Karena kekuatan sebenarnya dari Idol adalah Fans Service, Pertumbuhan Karakter & Kemampuan, dan Kedekatan dengan Fans. The more you know them personally, the more you’ll attached.

<link Playlist>


Wota Tuh Apa? Kok Kalo Nonton Konser Heboh Sendiri?

Wota adalah kependekan dari Otaku Idol, Orang yang Obsesif sama Idol. Biasanya mereka rajin ikut stage performance Idol, ngumpulin Merchandise dan ga pernah absen ikut event. Bahkan dijepang ada yang rela berhenti dari kerjaannya, terus pindah ke Akibahara dan nonton Theatre AKB48 30 hari berturut-turut saking fanatiknya.

Dance dan Chant yang Wota ini lakuin pas nonton Idol disebut Wotagei. Gue juga kurang ngerti kenapa mereka nge-Wotagei selama konser, karena menurut Gue pribadi jadi ga bisa nikmatin konsernya. Cuma mungkin Wotagei ini mereka tujukan untuk menunjukan Support kepada Idol mereka dan sebagai rasa persatuan sesama fans.

idol-4

Btw Idol Group manggil fans mereka bukan Wota, tapi tetap fans (Fans no Minnasan = Fans Semuanya). Bisa dibilang Wota itu semacam julukan yang diberikan masyarakat (sama kayak Otaku). Jadi agak heran juga kalo ada yang bilang “Gue nih Wota!”.

Yak!! Gue kira segini cukuplah ya buat pengenalan tentang Idol, supaya ga salah paham lagi. Sukur2 bisa ikutan jadi fans…haha

Kalo ada yang mau ditanya, tanyain aja di kolom comment dobawah, nanti Gue jawab sebisa Gue. Atau kalo ada yang mau nambah2in juga boleh. Kalo kebanyakan nanti Gue tampung n jadiin postingan baru part2 aja entar..haha.

aMrmBE1_460sv

Categories: Pop-Culture | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Kono OO wa Yada!! : Cupid

Udah lama Gue absen posting, eh udah tahun 2015 aja…bulan febuari lagi…valentine lagi. dan disaat temen2 Gue lagi ngabisin valentine sama pacar mereka, Gue yang jomblo ini pun tergerak untuk ngepost lagi di JapanOhJapan. sumpah bukan karena kesepian. SUMPAH!!

well, kali ini Gue akan memperkenalkan rubrik baru, judulnya [Kono OO wa Yada!!] yang kalo diartiin ke bahasa kira-kira [Aku ga mau OO yang seperti ini!!]. di rubrik ini Gue akan pilih sebuah topik untuk mengisi OO dijudul dan beberapa contoh dimana kalian bakal teriak “YADA!! (GA MAU!!)” dalem hati saat nerusin baca postingan ini.

Bingung? Kita langsung aja ya!! Berhubung masih suasana Valentine, Tema kali ini adalah Kono Cupid wa Yada!!🙂

cupid-intro

cupid-1

MINTA BAYARAN

||

||

cupid-intro

cupid-2

SALAH BAWA SENJATA

||

||

cupid-intro

cupid-3

TERNYATA UDAH PENSIUN DAN PINDAH KERJA JADI PEGAWAI BANK

||

||

cupid-intro

cupid-4

NGUMPULIN ANAK2 SE-RT TERUS SIUL2

||

||

cupid-intro

cupid-5

MALAH MACARIN SI CEWEK

===========================================================================
===========================================================================

Nah gimana? Absurd? pastinya! hahaha. tapi ga seru ah kalo cuma Gue aja yang bikin kan…seperti pepatah Jawa kuno bilang : The More The Merrier! So, Misalnya kalian dihadapin sama situasi seperti dibawah ini…

cupid-intro

cupid-ending

2 Kalimat apa yang diucapin si Cupid yang Bisa bikin kalian Teriak KONO CUPID WA YADA!!!!

Kalo Gue: “Hati-Hati,Mba!” “Si Mas itu Copet!”

Kalo Kalian? Tulis di comment ya…🙂

Categories: Kono OO wa Yada!! | Tags: , , , , | Leave a comment

#Resolusi2013 japanohjapan

NB: pos kali ini gambarnya nyusul yaaaa!

E hallow minna-swaaannnn!!! Apa kabar kalian? G terasa y udah 1 tahun kita ga ketemu…hiks😥
Bukan 1 tahun ga ketemu masberoh, Cuma tahunnya aja yang ganti, TAHUNNYA!!

Iya, iya tapi kan emang Gue juga udah lama ga updte blog….hahahaha.Maav ya kali update blognya sempet ketunda lama, Gue sempet sakit juga soalnya. Dan ngurus blog ini sendirian agak keteteran sedikit sih, asik juga sebenernya kalo ada partner cewek. (>///<)
Wuooohhhh….masberoh mau nyari partner untuk nulis di Japan Oh Japan?

Bukan. Untuk partner hidup. Ada yang teratrik? Monggo krim CV + Foto close up dan seluruh badan ya!! Ke JapanOhJapan@gmail.com.😉
JANGAN!!! Jangan ragu2 kirim foto yang paling cantk ya!

Eeeee tumben akur. Lo lagi nyari jodoh juga ya? Dasar Jomblo ngenes!! Yes, 1-0!!
*nangis dipojokan*

Well, berhubung masih disuasna tahun baru, Gue mau mengucapkan SELAMAT TAHUN BARU 2013!!!

 

Semoga di tahun 2013 ini, japan oh japan makin bisa diterima oleh JoJoNs semua,makin akur kita (ga ngeledek2in Gue mulu di @japanohjapan_), pembac ceweknya makin cantik, pembaca cowoknya making an-, well ga bias segnteng Gue sih jadi yaaaa *ngasih topeng rubah*

Nah apa yang mau Gue bahas kali ini? Gue mau agak nengok kebelakang, ke post pertama Gue di Japan Oh Japan : Gue, Deppepe, dan Resolusi tahun 2012. Di blogpost ini Gue bercerita tentang gimana hati Gue begitu tergerak saat nonton konser Depapepe diSoulnation 2011 dan tanpa sadar Gue ngomong “Resolusi Gue Tahun 2012, Ge harus bias ke Jepang, Ben!” teriak Gue di kuping temen Gue. Nah ga berapa lama ini ada JoJoNs yang komen di blog Gue, intinya di nanya “Gimana Resolusi lo? Terwujud kah?”

image1

Jwabannya adalah : “Hampir!!” Kenapa?

Karena:

  1. Uang untuk beli tiket ke Jepang udah ke kumpul, Cuma Uang untuk bikin visa dan Jalan-jalan + main-main disananya yang belom kekumpul. Jadi hrus nabung lagi -______-“
  2. Jadi dikantor Gue ada job untuk nemenin klien dan pemenang kuis dari klien untuk ke Jepang, Cuma posisi Gue lag sakit dan lagi masa recovery, jd gagal dapet grtisan. L

 

Yup. Memang resolusi tahun 2012 Gue ga terwujudkan, tapi apa Gue mendeklarasikan bahw Resolusi Gue GAGALTOTAL? Jawabnnya : ENGGAK!! Karena kalo dipikir-pikir, semenjak Gue menanamkan Resolusi 2012 Guepada September 2011, Gue meras da yang berubah dalm diri Gue, pikiran Gue lebih luas dalam melihat tujuan Gue dan langkah2 meraih tujuan tsb. Dan benerap hsil dari langkah2 ini dalah :

  1. Tercoptanya Blog Japan Oh Japan sebagai sarana Gue untuk Sharing interest Gue tentang Jepang dan alhamdulllah malah bikin Gue kenalan sama temen2 Otaku.❤
  2. Akun Twitter @japanohjapan_ yang Gue bikin untuk sarana sharing dan ngobrol ngalor ngidul sama JoJons. Supaya lebih akrab
  3. Rajin ikut Festival Jepang. Selain untuk bahan blog, ini juga jadi kesenangan pribadi Gue yang dulunya takut hadir Karen tkut dibilang “ih, lo aneh deh ikut2 gituan!” well, what the HELL!
  4. Eksplorsi Anime & J-Movie. Kalo dulu Gue Cuma nonton anime & J-Movie mainstream, sekarang genre anime yg Gue tonton lebih banyak, lebih luas.
  5. Lebih banyak tahu tentang kebudayaan , kutlur-pop, antropoligi, dll. Tentang Jepang. Ya ini karena banyak baca untuk bahan blog & Twitter…haha
  6. Dll

 

Intiny adalah Gue lebih berani mengakui interest Gue di masyarakat. And I’m proud of that! Hal- hal inilah yang membuat Gue berani bilang bahwa resolusi Gue GA GAGAL. Kepana? Krena menurut Gue, saat kita menargetkan sebuah resolusi, terwujud atau tidaknya resolusi tersebut bukanlah esensi dari resolusi itu, nmun yang paling penting adalah disaat kita sudah berada di penghujung tahun, terlepas dari terwujud atau tidak resolusi kita, saat kita melihat kebelakang apa yang kita lihat? apa saja yang kita lalui? Pengalmn p saja yang kita lewati? Apa saja yang kita ciptakan? Dan perubahan apa saja yang ada pada diri kita sepanjang tahun itu? Apabila saat kita sudh melihatnya dan kita tersenyum bangga dan puas, buat Gue itu adalah wujud sebenarnya dari Resolusi yang SUKSES.

 

Nah begitupun di tahun 2013 ini, tentunya Gue udah bikin Resolusi-Resolusi sendiri. Di akun twitter @japanohjapan_ gue sempet nanyain ke followers Gue “Apa #Resolusi2013 lo?” dan jawabannya macem2 dari ‘Mau bias man bass’ smpe ‘Mau dapet beasiswa ke Jepang’

 

image2

And here’s the BIG QUESTION:

“Apa Resolusi lo di tahun 2013 ini?”

Categories: Rifdhan's Diary | Tags: , , , , , | Leave a comment

Pengumuman JapanOhJapanQuiz FANART!!!

Selamat berjumpa lagi para pembaca Japan Oh Japan tersayang!!! *cium satu-satu* *ceweknya aja*
Nah ini dia orangnya, masberoh!! Ane mau tanya sesuai judul nih, beneran mau diumumin pemenang kuis FANARTnya di blogpost ini?

Yoi, setelah melakukan seleksi yang ketat akhirnya baru bisa diumumin sekarang, maav ya keterlambatannya. J
Seleksi ketat dari Hong Kong! Lah kan yang ngirim FANART Cuma 5 orang!!

Hey!! Lo jangan bilang ‘Cuma’!! lo tau ga tujuan Gue bikin Kuis FANART ini apa? Buat ngeliat ada berapa orang yang suka gratisan mau repot-repot bikin FANART karena Cinta mereka sama Gue!!
Sama lo?

Ehem, maksud Gue sama Japan Oh Japan ini…aahahha.
Masberoh katanya pengumumannya akan ditemenin sama SPECIAL GUEST STAR ya? Siapa? *penasaran*

Oh iya…pengumuman Pemenang Kuis FANART ini Gue akan ditemenin oleh SPECIAL GUEST STAR. Siapa dia? *Drumroll* JeJe JKT48!!!

G: Gue (si perjaka tampan)
J : Jeje.

G : Hallo Jeje, Apa kabar? Makasih loh udah mau jadi Guest Star di pengumuman pemenang FANART ini. ^^
J : Baik. Iya sama-sama aku juga seneng kok bisa jadi Guest Star di Japan Oh Japan yg terkenal Hostnya Ganteng ini. :p

G: Kita mulai Pengumumannya gimana, Je? *lah kayak manggil Ustad Jefri*
J : Oke.

G : ini adalah juara ketiga dari lomba FANART ini. Bisa kita liat betapa niatnya si Runi ini dalam membuat FANART ini. Sampe2 bikin beberapa gambar dan di photoshop segala.
J: Iya ya, temanya kayak di avatar twitter @JapanOhJapan_ ya? Yakuza2 gitu.

G : Cuma sayang eksekusinya kurang Rapi dan kurang menceritakan lebih mendalam tentang cerita dibalik gambar ini.
J : Tapi tetep aja keren ya!! ^^

G : yup! Next kita ke Juara ke-2!!

J : Kyaaaaa!! Lucuk banget gambar bajunya!! Kamu suka Cross dressing gitu ya?
G: Sebenernya diantara semua FANART, yg ini Gue pengen ketemu orangnya trus mau Gue tampar bolak-balik, sih. MANA KEMACHOAN GUE!!

J : Macho? *berpikir keras* dari mananya?
G : oke jangan dibahas!! Pokoknya dari FANART ini selain gambar yg detail dan pake pulpen, gambar ini terlihat menceritakan sesuatu ya walaupun ceritanya Gue lagi Cross Dressing, tapi ide ini unik dan ga kepikiran…ahahah.

J : Lain kali kita manggung bareng yok!
G : Woy!!

J : Next adalah Juara pertama dari Kompetisi FANART ini….siapa diaaaaaa? *drumroll*

G : gambar ini dikirim sama si Clara H+1 abis kontes ini dimulai dan yang kalian bisa liat, gambar ini memenuhi kriteria yang Gue cari: Originalitas dan Storytelling. Dia bilang FANART ini berjudul “Dikucilkan karena terlalu Tampan” IMO it is fun and sincere. Dan itulah kenapa FANART ini layak mendapat Juara 1!!
J: ….

G : kenapa diem aja, Je?
J : sepengalaman aku ya, ga pernah ada orang dikucilkan karena terlalu ganteng, lho! Karena terlalu Narsis dan terlalu berisik sih banyak *lirik*

G : engga! Ini karena terlalu tampan!! Iya kan pembaca sekalian?
Pembaca : ENGGAAAAA!!!

G: #$%^&*%#%&&*&!!

G : well, sekian untuk pengumuman Pemenang Kuis FANART JapanOhJapan!! Sekali lagi selamat ya buat yang menang!!
J : dan yang udah ikut berpartisipasi, dan belum menang, jangan berkecil hati. Karena kalian udah membuktikan sebagai Fans Japan Oh Japan!!

G : nah makasih ya Jeje, udah mau dateng ke Japan Oh Japan kali ini disela2 kesibukannya!😀
J : iya, sama2 aku juga seneng bisa ikutan momen bersejarah ini! J

G : Good luck terus buat JKT48 nya!! :3
J : JKT48? Aku bukan anggota JKT48.

G : Lah terus? Kamu bukannya Jeje JKT48?!
J : Bukan. Aku Jeje LWG48. Lawang 48.

*Backsound Horor mulai terdengar*

Categories: Rifdhan's Diary | Tags: , , , , , , , | 1 Comment

#JapanOhJapanQuiz SPECIAL!! Woo-Hoo!!

Hallow Minna-swaaaannn!! Apa kabar? Kangen ya sama Gue abis ditinggal 3 minggu? Ihihihi~
Dih! Ge-eR banget masberoh! Ga ada yg kangen, malah pada seneng selama 3 minggu kedamaian dunia akhirnya kembali. -___-

Pulang nih!
Eh iya jangan ngambek! Emang masberoh 3 minggu ini kemana aja sih?

Gue sibuk ngurusin akun @JapanOhJapan_ Followers-nya itu loh, chaos semua kayak lo ini!! Ga bisa mengakui Sebuah Masterpiece Tuhan dalam bidang Perwajahan, ehem-muka Gue-ehem!!
Iya juga sih ya! Lebih ke Masterpiece Perwajahan dalam segi Abstraksi sih.:\

Berantem yok!!
haha..btw masberoh sekarang kita mau ada apa sih di Japan Oh Japan?

Ehem, di Blogpost kali ini Gue akan mengumumkan sesuatu yang sangat Spesial!! #JapanOhJapanQuiz Special!!

Apa itu #JapanOhJapanQuiz?? #JapanOhJapanQuiz adalah Kuis berkala yang Gue adain di Akun Twitter @JapanOhJapan_ dan udah beberapa kali Gue adain. Followers @JapanOhJapan_ pasti udah ga asing lagi kan? Haha

#JapanOhJapanQuiz Special itu apa masberoh? Specialnya apa? Hadiahnya Telor Ceplok gitu?
Ya ga gitu juga lah! -____-. #JapanOhJapanQuiz Special adalah Kuis yang diselenggarakan untuk merayakan Followers @JapanOhJapan_ tiap Keliapatan 100 dengan hadiah yang pastinya Special!! Nah untuk #JapanOhJapanQuiz Special kali ini kita akan merayakan Followers @JapanOhJapan_ yang udah melewati angka 300! Woo-Hoo!!

Hadiahnya apa Masberoh?
Hadiahnya adalah : Continue reading

Categories: Rifdhan's Diary | Tags: , , , , , , | 2 Comments

AFA Indonesia 2012 + Culture Japan Night

Hallo minna-swaaaaan!!! Ogenki desuka? Boku mo genki desu. (^-^)/
Woy, woy, masberoh!! Napa jadi pake bahasa Jepang? Kita di Indonesia ini?

ああ、そうですね。ごめん、ごめん。
Kenapa malah makin jadi nih masberoh? Ribut dah yok!!

Maaf ya maaf, abis Marathon AFAID 2012 2 hari dan CJ Night, gue masih merasa bukan di Indonesia. Kalo bahasa gaulnya “Jet Lag” gitu…
Lah masberoh kan ga pernah naik pesawat, sok-sokan ngerti “Jet Lag”. Beidewei emang di AFA dan CJ Night emang ada apa aja sih? Dan ngapain aja masberoh disana?

Tenang, di Blogpost kali ini, Gue akan share semua pengalaman Gue di AFAID 2012 dan CJ Night!!

Apa itu AFAID? AFAID singkatan dari Anime Festival Asia Indonesia, dan yak. Ini adalah festival yang mengumpulkan semua Otaku dari seluruh Indonesia. Per harinya di AFAID ada 3 area penting. Exhibition Area, Stage Area, dan Super Concert I Love Anisong.

Exhibition Area – Area ini dipenuhi berbagai macam stand-stand yang sangat menarik. Bayangin lo bisa nemuin berbagai macam Action Figure, Figma, Gundam, Battle Cards, Official Goods, Maid & Butler Café, dll.

Stage Area – di area ini lo bisa ngeliat berbagai special guest yang  hadir di AFAID, seperti Danny Choo dan Vivian Wijaya. Ada screening anime dan Cosplay.

Super Concert I Love Anisong – ini adalah konser lagu-lagu anime yang langsung dinyanyikan oleh artis yang membawakannya. Konser selama 4 jam yang mengaduk-aduk emosi penonton.

 

AFAID 2012 – Day 1

Di hari pertama ini Gue berangkat dari rumah naik busway jam 9. Alhasil Gue nyampe lokasi, JiExpo Kemayoran sekitar jam 11. Dan ngeliat antrian yang…..ah, pokoknya panjang antriannya ga berkeprikemanusiaan deh belum ditambah sama matahari yang lagi diatas kepala pas! Gue beneran niat mau pulang kalo aja kecintaan Gue terhadap Pop-Culture Jepang ini ga menghalangi Gue. Continue reading

Categories: Pop-Culture, Rifdhan's Diary | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , | 1 Comment

Kabukichō. Bahasa Jepangnya Surga Ya?

Hallo minna-swaaaaann!!! Ketemu lagi di Japan Oh Japan bersama Gue Rif-, eh bentar deh, lo kenapa sik senyum2 sendiri?

Cieee masberoh yang mau dateng ke AFA Indonesia 2012, Cieeee!!
Ahaha..biasa aja ah! Gue jadi malu! *blush*

Cieee masberoh yang mau nonton I Love Anisong dan liat Kotoko langsung, cieeee!!
Aaaaa…udah2 aku jadi maluw *pukul2 manja*

Cieee masberoh yang nanti diteriakin “mesum!” sama Maid disana, cieeee!!
Ahaha…kamu bisa aj-, WOY!! SIAPA YANG MESUM!!  ( ‘̀Д’́)-σ   *lempar meja*

Okeh, kita lanjut sharing kita minggu ini gimana? Minggu ini Gue akan sharing yang agak sedikit dewasa okeh? Kabukichō.

Kabukichō secara harfiah artinya ‘Jalan Kabuki’ kalo kamu mikir ini adalah Distrik yang sepanjang jalannya ada teater Kabuki, kamu setengah benar. Karena dulu, tahun 1940-an, emang Kabukichō  ini direncanakan untuk dibangun sebagai Distrik spesialis Kabuki, tapi ga jadi karena masalah finansial.

Lalu Kabukichō ini jadi daerah seperti apa? Kabukichō dikenal sebagai daerah Lampu Merah Jepang. Karena Kabukichō memang menjual berbagai ‘servis’ khusus dewasa. Dan berbeda dengan Jalan Dolly di Indonesia  atau kawasan lampu merah di Amsterdam, Kabukichō  lebih banyak menawarkan berbagai Fantasy dan Fetish yang memuaskan berbagai Imajinasi pelanggan (karena Jepang kan terkenal akan orientasi dan Imajinasi sex yang agak aneh). Antara lain : Continue reading

Categories: Culture | Tags: , , , , , , , , , | 4 Comments

Nihongo Masberoh! : KATAKANA

Hallo Minna-san!! Berjumpa lagi dengan Ojisan dalam pertemuan kedua Nihongo Masberoh!! Kemarin kita udah sempet ngebahas tentang HIRAGANA, kalo ada yang belum sempet baca, baca  dulu di sini.

Lebih bagus kalo sebelum kamu ngebaca pertemuan ini kamu udah hafal,  lancar,  dan mengerti tentang HIRAGANA beserta beberapa pengetahuan kecil didalamnya. Ane sempet bilang kalo yang ngerjain PR bakal Gue masukin blogpost kali ini kan? Ini dia orang2 yang ‘ketahuan’ sama Ane ngerjain PR :

Nah sekarang kita akan masuk ke pembahasan berikutnya, KATAKANA. KATAKANA adalah huruf-huruf yang digunakan untuk menulis kata-kata serapan. Intinya begini : Semua hal yang berasal dari Jepang menggunakan HIRAGANA, sedangkan semua yang berasal dari luar Jepang menggunakan KATAKANA. Simpel kan?

Yang dimaksud dari luar Jepang disini benar2 secara harfiah, jadi negeri asing (amerika, indonesia, dll), cerita fantasy (dongeng, manga,dll.),  luar angkasa, dll. Pokoknya di luar Jepang.

KATAKANA memiliki ciri khas huruf yang lurus dan bersudut. Langsung aja ya kita liat, ini tabel huruf KATAKANA :

tabel KATAKANA

Dan kalian pasti ngeh kalo susunan tabelnya sama kayak HIRAGANA, Cuma ya beda hurufnya (Ya iyalah). INGET!! Perhatikan cara nulisnya mengikuti step2nya ya!!

Terus masalah ten-ten dan maru sama juga kayak HIRAGANA Masberoh? Continue reading

Categories: Nihongo Masberoh! | Tags: , , , , , , , , , | Leave a comment

Ijime. Bullying. Not Cool, Bro!

*mondar-mandir kesel*
Lho kenapa masberoh? Keliatannya bahagia banget?

INI KESEL!! BUKAN BAHAGIA!!
iya-iya bercanda…gitu aja marah. Kesel kenapa sih emang?

Lo tau kan kalo akun twitter @JapanOhJapan_ udah launching? Kan gue jadi adminnya, masa banyak yg manggil Gue ‘Om’, ‘Bang’, bahkan ada yang manggil Gue ‘Min’!! emang Gue lagi berdoa, di-amin-in?!
Saya bingung masberoh mau kasian apa mau gebukin masberoh. ‘Min’ itu artinya ‘Admin’!!!

Oh gitu..haha. tapi tetep aja umur Gue masih 22 tahun masa di panggil ‘Om’?! Gue ga jualan bakso masa dipanggil ‘Bang’?!
Emang masberoh maunya dipanggil apa sih?

‘Akang Tampan <3’.😐
Gimana kita langsung sharingnya masberoh, keburu saya emosi terus ajak warga gebukin masberoh nih!

Oke, kali ini kita akan sharing tentang Ijime. Apa itu Ijime? Menurut Kementrian Pendidikan Jepang, Ijime adalah “Bentuk penyerangan tertentu, baik secara fisik maupun psikis. Yang dilakukan secara sengaja dan berkelanjutan kepada korban yang lebih lemah daripada pelaku. Dimana si korban merasa dirugikan.”

Ijime itu Bullying Masberoh?
TEPAT! Ijime adalah Kata Jepang untuk Bullying.

Pertama-tama kenapa Ijime bisa hadir dalam budaya Jepang bahkan Ijime itu sendiri tidak bisa dilepaskan dari Jepang? Hal ini terjadi karena masyarakat Jepang sendiri adalah masyarakat yang Homogen dan Seragam. Dikarenakan rasa homogen dan seragam yang sudah mendarah daging inilah  justru orang yang ‘Berbeda’ akan menjadi sasaran Ijime.

Berbeda dalam hal apa Masberoh?
Dalam berbagai hal, misalnya lebih pintar, lebih pendek, lebih bodoh, memiliki hobi yang aneh, murid pindahan (Tenkousei), orang asing (Gaijin), dll. Pokoknya yang dianggap diluar dari kebiasaan, keseragaman, dan tidak sesuai dengan standar kelompok dimana individu yang berbeda itu berada, dia yang bakal jadi target Ijime.

Tapi bukan berarti kalo Ijime = Bullying lho, justru menurut Gue pribadi, Ijime itu lebih parah daripada Bullying (disini gue artikan sebagai bullying orang barat). Kenapa? Continue reading

Categories: Culture | Tags: , , , , , , , , , , | 1 Comment

Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.