Tata Cara Berkunjung ke Kuil di Jepang.

Halo semua!! Jumpa lagi~I dengan Maisy disini, Ci-Luk-Ba! Mmmmuuuaaaccchhh.

Salah Program acara masberoh! Japanohjapan ini!
Eh iya map, gw khilaf.
Lagian sok imut banget sih!
BERISIK!!

Ehem. Intinya, kita jumpa lagi setelah seminggu lebih, maaf ya postingnya kelamaan abis lagi sibuk juga gw. Launvhing album, pemotretan, syuting sinetro-
*asah piso*
iye-iye gw mulai topik bahasannya!!

Nah minggu ini, kita akan mengenal lebih dalam tentang Tata Cara Berkunjung ke Kuil di Jepang. Dalam berkunjung ke kuil ada beberapa hal yang harus kita patuhi dan kita laksanakan, semacam tata cara atau ritual. Jadi ga bisa sembarangan datang dan pergi gitu aja. Emangnya Jelangkung!

Torii
Torii adalah sebutan untuk gerbang kuil, biasanya berwarna merah,tapi ada juga kok yg ga merah kyk abu-abu,dsb. Bentuknya kayak gapura tapi bagian atasnya kayak atap rumah suku padang.

Nah jalan yang ada dibawah Torii adalah jalan masuk kita ke kuil, tapi kita ga bias melenggang masuk gitu aja, karena ternyata jalan ini terbagi 2; bagian tengah bernama seichuu adalah jalan untuk para dewa, sedangkan bagian sisinya bernama sandou adalah tempat kita manusia berjalan.



Komainu

Setelah masuk, kamu akan disambut oleh 2 patung hewan penjaga yang disebut Komainu. Walaupun bentuknya mirip,tapi ternyata berbeda lho. Yang 1 patung anjing penjaga, yang 1 lagi singa penjaga. Badanya? Anjing penjaga mulutnya tertutup, kalo singa penjaga mulutnya terbuka.


Chouzu Dokoro

Biasanya, deket Komainu ada semacam bak air yang dialiri air dari bamboo atau patung singa. Ini namanya Chouzu Dokoro, gunanya untuk membersihkan/menyucikan diri sebelum masuk ke kuil.

Caranya:
1. Ambil gayung, ciduk air dan basuh kedua tangan (untuk menyucikan badan).
2. Tuang air dari gayung dan ditadahkan ditangan lalu air yang ditangan dipakai untuk berkumur (untuk menyucikan perkataan). Ingat! Ga boleh minum langsung dari gayung!
3. Buang air bekas kumur ke tanah.


Kuil Shinto
Nah setelah bersih, baru kamu bisa ke kuil utama. Biasanya disini digunakan masyarakat Jepang untuk berdoa dan memohon kepada dewa.

Caranya gimana?
1. Lempar uang ke kotak.
2. Goyangin bel untuk memanggil dewa.
3. Beri hormat 2x.
4. Tepuk tangan 2x,lalu berdoa dalam hati.
5. Beri hormat 1x.

Nah kira-kira begitulah tata cara berkunjung ke Kuil di Jepang. Memang semua hal ada tata cara dan sopan santunnya, apalagi buat hal yang religious seperti berkunjung ke kuil. Ya ga harus hal religius aja sih, tapi ada baiknya bila kita memperhatikan tata cara, etika dan sopan santun di berbagai hal dan kesempatan. Jadi kalo suatu saat kamu pergi ke Jepang, ga malu-maluin negara.

Wow Masberoh, Bijak sekali!
ehem-ehem.

Sampai berjumpa lagi di lain kesempatan dan di post-post gw berikutnya!! Ci-Luk-Ba! Mmmmmmuuuaaaaccchhh!!!

Categories: Culture | Tags: , , , , , , , , | 12 Comments

Post navigation

12 thoughts on “Tata Cara Berkunjung ke Kuil di Jepang.

  1. wah,kayaknya blog tentang Jepang ya gan? Asik asik ni bacaannya.
    Izin baca ya.

  2. emang sekarang lagi tinggal di Jepang ya mas ?

  3. Huwwwwwaaaaah *close tab.

    Bikin mupeng hukshuks T_T pengen kesanaaaa mau ketemu conan sama heiji mihihi. Semoga bisa ke jepang suatu hari :’)

  4. menarik neh blog membahas tentang jepang ^_^ kebetulan aku juga suka ma kebudayaan jepang yang sepertinya damai nyaman aman dan tentram. semoga suatu hari bisa pergi ke jepang:mrgreen: wish all me the best wkwkwk

    • sama” mendoakan supaya bisa ke jepang masberoh!! gw juga suka kedamaian dan ketertiban disana. ya kalo dibandingin sama begeri kita saat ini ya gimana yaaaaaa…

  5. Reissa

    amiinn, doakan saya juga masberoooo, biar kita dsna tetanggaan ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: