Visual Novel. Apa Itu?

Hallo!! Rifdhan di sinih!! Yang disanah apa kabaaaarrryaaaaaaa????
Eh masberoh, ini blog yah bukan konser. Mohon pengertiannya!

Oh gitu? Ya udah, ehem, kepada para pembaca ku yang tersayang, izinkan lah saya mempersembahkan bahasan pada pertemuan kita kali ini. #yaksip!
#yaksip! Gundulmu!! Itu kyk pidato pembuka 17-an!! Ganti!

AH! BERISIK!! *lempar garam*

EHEM!! Okeh kali ini gw akan share ke para japanOhJapan Friends (nama fans japanOHjapan sementara) tentang sebuah genre game yg lagi gw gandrungi lagi saat ini. Ya itu : Visual Novel !!


Apa sih visual novel?

visual novel adalah sebuah karya fiksi interaktif yang biasanya pada artworknya menggunakan anime-style art. Tapi ga menutup kemungkinan juga sih kalo visual novel pake gambar orang asli, bahkan video sekalipun. Intinya, visual novel ini seperti namanya bisa diartikan juga novel bervisual, jadi seperti kita baca novel tapi kita diberi berbagai media untuk menvisualisasikan sebuah situasi seperti gambar karakter, setting tempat, suara, bgm, dsb.

Biasanya game visual novel menekankan kekuatan utamanya di script jadi ya kebanyakan ya tulisan namun di berbagai point (flag) player juga akan di minta untuk memilih suatu pilihan reaksi terhadap sebuah situasi. Namun sekarang udah banyak visual novel yg hybrid, penggabungan berbagai genre, bisa digabung puzzle, advanture, bahkan RPG.

Penasaran kyk gimana Visual Novel kyk gimana? Kayak gini nih tampilannya :
Bisa diliat kan kalo visual novel itu memiliki struktur yang cukup simple untuk sebuah game. ^^

Terus masberoh, masa Cuma baca kayak novel? Ga seru donk?!
Ga Cuma gitu juga lah, uniknya di visual novel itu adalah adanya berbagai ‘Route’ yang bisa ditempuh oleh player menuju banyak ending. Ending yg akan didapat oleh player tergantung dari pilihan yang diambil player saat mengambil keputusan.

Wah!! Menarik sekali masberoh!! Jadi pengen main!! Ceritanya ada apa aja sih?

Huahaha!! Ada banyak cerintanya macem2 genre juga tapi dari segi general tipe visual novel bisa dibagi 4, yaitu :


1. Adult Content

Untuk jenis ini ya ga usah dijelasin pasti udah ngerti kali ya, adult content yang dimaksud ya konten 18 tahun keatas. Adult content ini biasa juga disebut Eroge (erotikku geemu), erotic game. Tapi eh tapi kalo Cuma ngira adegan 18+ nya Cuma biasa aja, kamu salah!! Karena eroge keluar dlm berbagai macam hentai sebut aja dari normal (straight), yuri (lesbi), yaoi (homo), incest, rape, s&m, bahkan  ada yg bukan sama manusia, Ex: manusia setengah serigala, alien dll. Yah ini tegantung selera player masing2 sih ya.

Game yg terkenal di genre eroge contohnya : Tomoyo After: It’s a Wonderful Life


2. Science Fiction

Jenis science fiction termasuk salah satu yang susah untuk dikembangkan. Kenapa? Karena pada genre ini diperlukan ilmu yang kuat landasannya dan konsisten. Misalnya pada contoh VN Steins;Gate, disebut paling sukses pada genre ini Karena dalam landasan ilmu pengetahuannya kuat dan bisa dimengerti oleh logika kita (ga terkesan maksa dibuat-buat). Dan biasanya demi storyline yg diinginkan para penulis script malah sering keluar dari pakem landasan ilmu pengetahuan itu dan malah mengada-ada.

Game yang terkenal di genre science fiction contohnya : steins;gate, chaos;gate, ever17.

3. Nakige

Nakige ( Crying game ) atau biasa disebut juga Utsuge ( melancholy game) adalah genre yang bener2 menguras airmata player. Ceritanya biasanya berkisar di keluarga, percintaan dan sebagainya, dan drama yang disajikan, BEH pasti ga nanggung2 player bisa nangis sesengukan sendiri didepan computer bahkan bisa mencerahkan ‘arti hidup’ buat player sendiri, ya paling ga g w ngalamin :’)

Game yang terkenal di genre Nakige contohnya : Clannad, Kanon, Little Busters.


4. Horor

Genre ini terinspirasi dari genre Nakige, tapi kesan yang ingin ditonjolkan bukan kesan sedih, tapi kesan horror sampe2 player bisa ketakutan susah tidur. Biasanya genre ini bercerta tentang hantu, occult, gore, sadist, dsb. Ya kalo ga hantu ya bunuh2an gitu deh.

Game yang terkenal di genre horror contohnya : Higurashi No Naku Koro Ni, Corpse Party,dll.

Dan seperti gw sebut sebelumnya, kekuatan utama di Visual Novel berada di Scriptnya, walaupun artwork dan Sound juga berperan penting, tp cerita yg mendalam tentang setting, plot alur cerita dan development character yang membuat seakan kita memiliki dunia beserta teman2 baru inilah yang membuat Visual Novel sangat diminati.

So, buat kamu yang suka baca dan ingin mengalami experience yang berbeda dari biasanya, Visual Novel Layak banget dicoba. Atau jangan2 malah udah pernah coba? Boleh dong di share pernah main apa dan suka nya kenapa?

Categories: Pop-Culture | Tags: , , , , , , | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Visual Novel. Apa Itu?

  1. lidiishere

    nice post.
    cukup mencerahkan buat sy yg awam🙂
    boleh dong dikasih link VN ~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: