Maid Garden. The First Mobile Maid Cafe in Indonesia.

Hallo minna-san!! Kembali di sini, di Japan Oh Japan bersama Host yang paling, maaf, Tampan sejagat raya. RIFDHAN!!!

*lari2 kecil masuk stage, senyum tipis* halo semua!!!
Masberoh, itu introduction ngerekam sendiri ya? Suaranya sama.

Ah itu perasaan kamu aja *lempar poni*
tapi masbero—

STOP!!! Kali ini introductionnya kita persingkat karena gue muak sama lo konten kali ini ga sabar mau gue mulai, OK?
….

Sip! Nah kali ini gw akan share pengalaman gue saat gue menginvasi acara Gelar Jepang UI 2012 pada hari minggu (15, Juli 2012). Gue dan 3 Teman Gue, jadinya berempat, kurang 1 orang untuk disebut Power Ranger, so sebut aja kami Tim Invasi GJUI 2012.

Ada apa aja sih dihari ke3 GJUI2012 ini? Ada banyak broh. Ya seperti kebanyakan festival jepang, ada bazaar merchandise, bazaar makanan, stage music, cosplay,dll. Sayangnya sih menurut gue kurang, karena lebih terkesan seperti Jualan2 ketimbang Festival Jepang, karena kebudayaan yang diselipkan di GJUI2012 ini minim banget. Ga seperti Ennichisai dan Jak-Japan Matsuri.

Tapi- , ditengah panas terik dan kebingungan mau ngapain lagi (karena kurang dari setengah jam udah selesai keliling area) ada yang menarik gw untuk beralih pandang. Maid Café.

Di maid café bernama Maid Garden inilah Gue dan teman2 yang lagi kelaparan singgah untuk makan dan tentunya dengan pengalaman yang baru.

Maid Café itu apa Masberoh?
Maid Café adalah subkategori dari restoran cosplay di Jepang. Di kafe ini, pelayan mengenakan kostum pelayan bertindak sebagai pelayan, dan memperlakukan pelanggan sebagai Goshujin-sama dan Ojou-sama (seolah2) di rumah pribadi, bukan sebagai pengunjung kafe.

Dan begitu masuk kami berempat langsung disapa oleh seorang maid yang enerjik-nya ampun2an, namanya Hinata-chan.

Kami pesen 2 Omurice, 1 Tori Katsu, 1 Air mineral, dan 2 Maid special drink. Tentu aja Omurice dan Tori katsu nya dicorat – coret sama Hinata-chan dan ngebuat 2 orang yang pesen umorice jadi blushing mendadak.

Nah yang nge buat penasaran adalah MAID SPECIAL DRINK, apa itu? Seinget gue Hinata-chan sempet bilang “pokoknya special deh! Kita kasih mantra2 gitu!”. Wait- MANTRA? Yup!! Basically minuman ini Cuma soda gembira sih, tapi ya itu, MANTRA!! Kita para pengunjung disuruh ikutin gerakan dan mantra yang di ucapkan Maid dalam proses pembuatan ramuan mantra ini, seperti ngebuat love dengan tangan, dan teriak Moe Moe Kyu~n!!

Kalo penasaran, ini mantranya (seinget gue) :

Gunyu2x
Mizu2x
Kyun2x
Moe2x
Kyuuuu~nnnn

Semua pengunjung pun mengalami nasib yang sama, Blushing Mendadak.

Ga Cuma makanan, kita juga diajak main Banken Gao Gao sama Hinata-chan. Kayak gini nih bentuknya banken gao gao :

Jadi si anjingnya tidur dan kita ambil kartu yg udah dikocok, nah kartu itu menunjukan berapa tulang didepan si anjing yang harus kita ambil sampai tiba2….GROUK si anjing kayak mau gigit gitu. Ini permainan sport jantung sih, temen gue si Nusa aja sampe jatoh dari Kursi. Ahaha

Nah setelah puas makan dan main, akhirnya gue pun berkesempatan untuk melakukan wawancara ke si owner dan marketing directornya Maid Garden ini. Ga lupa juga dong interview sama salah satu Maidnya, Kyoko-chan.

Interview with Taicho & Abe.

Kok lo bisa kepikiran ngebuat Maid Garden ini sih? Kenapa pengen ngebuat Maid Garden?

Taicho : hmm..Pada dasarnya gue sebagai orang yang suka Jepang, dan Maid pastinya, saat gue ke Jepang untuk urusan skripsi, gue ngunjungin Maid Café yang ada di Akihabara. Dan gue langsung berpikiran untuk ngebuat Maid Café di Indonesia untuk nge-share perasaan yang gue rasakan saat gue ngunjungin Maid Café disana.

Dan karena adanya kesempatan serta bantuan dari teman2 setia gue, akhirnya terwujudlah Maid Garden ini.

Tujuan didirikannya Maid Garden ini apa?

Taicho : Tujuan kita adalah untuk mempopulerkan Maid Café di Indonesia dang a ada lagi yang salah sangka kalo Maid Café adalah Kafe Pembantu -_-“

Indonesia sama Jepang kan banyak perbedaannya tuh, nah dari Maid Garden sendiri ada penyesuaian ga untuk di Indonesia?

Abe : ya kan kalo di Jepang Maid Café itu kebanyakan indoor dan udah fix tempatnya, sedangkan Maid Garden kita konsepnya Outdoor . ya mungkin main concern kita adalah ‘gimana ngebuat Maid tetap terlihat cantik dan ga lusuh di outdoor’.

Oh jadi Maid Garden ini ga fix tempatnya? Ga kayak Maid café indoor di Jepang gitu?

Taicho : Yup! Maid Garden adalah The First Mobile Maid Café in Indonesia. Maid Café yang muncul dari event ke event.

Ga ada pikiran buat bikin Maid Garden ini Indoor dan Fix tempatnya, Taicho?

Taicho : Engga. Karena untuk sekarang belum orang yang banyak tahu tentang Maid Café, jadi dari segi ekonomi masih kurang. Melalui Maid Garden ini kita juga coba menyebarkan kebudayaan & Maid Café ke orang2 yang belum tahu.

Btw nih Taicho, Maidnya kan Kawaii Kawaii, itu pilih2 maidnya gimana prosesnya?

Taicho : Pemilihan kita lakuin secara Close Recruitment. Ada 3 syarat yang harus dipenuhi jika ingin menjadi Maid di Maid Garden :
1. Suka Jepang; ngerti bahasa Jepang, Istilah2, dan perilaku Maid.
2. Supel
3. Berpenampilan Menarik

Kira2 mau Maid Garden ini kedepannya seperti apa?

Taicho : ya kita maunya “ada Pagelaran Jepang, Ada Maid Garden”. Hahaha.

Interview with Kyoko

Kata Taicho nih, kan salah satu requirement Maid di Maid Garden itu suka Jepang, kalo lo sesuka apa sih sama Jepang?

Kyoko-chan : mm..sebenernya aku lebih suka Jepang dari segi entertainmentnya seperti : Manga, Anime, Dorama gitu.

Pelatihan Maidnya sendiri dapet referensi darimana?

Kyoko-chan : dari Taicho. *nunjuk kesebelah*
Taicho : *benerin kacamata*

Ribet ga sih ngadepin pelanggan?

Kyoko-chan : So far sih engga ya. Cuma mungkin agak hectic aja pelanggannya banyak.

Ada ga pelanggan yang iseng?

Kyoko-chan : Belum ada.

Kesan2 jadi Maid? Apa yang lo suka saat jadi Maid?

Kyoko-chan : Seru aja sih. Bisa ngebuat orang2 jadi blushing merah gitu, kitanya jadi seneng juga.

Kedepannya ada harapan ga buat Maid Garden?

Kyoko-chan : Maid Garden lebih berkembang  dan suatu saat orang2 lebih mengerti tentang Maid Garden dan selalu menunggu-nunggu kehadirannya.

Dan setelah ngobrol panjang lebar gw pun akhirnya pamit undur diri sama sang Taicho, karena Gue ga bawa kendaraan jadi ga bisa sampe malem…huhu.

Dan tentunya saat Gue akan keluar dari Maid Garden, para Maid Kompak teriak “ Arigatou Goshujin-sama, Ojou-sama”.

Well, jadi ga sabar untuk next visit ke Maid Garden. ^^

Categories: Rifdhan's Diary | Tags: , , , , , , , , , , | 3 Comments

Post navigation

3 thoughts on “Maid Garden. The First Mobile Maid Cafe in Indonesia.

  1. Haiyaaaaa ini blog gw, Hi-chan. gw pngen follow iini via blog gw tp gatau caranya gimana. gw gaptek.tolongin dong

  2. keren gan..

  3. waaah ini waktu GJUI 2012 kemaren😄 GJUI 2013 jangan lupa diliput juga ya😀 ntar kita liputan bareng ama Okonomikatsu team😀 btw blognya bagus nih😀 lanjutkan Minna-san :))

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

