AFA Indonesia 2012 + Culture Japan Night

Hallo minna-swaaaaan!!! Ogenki desuka? Boku mo genki desu. (^-^)/
Woy, woy, masberoh!! Napa jadi pake bahasa Jepang? Kita di Indonesia ini?

ああ、そうですね。ごめん、ごめん。
Kenapa malah makin jadi nih masberoh? Ribut dah yok!!

Maaf ya maaf, abis Marathon AFAID 2012 2 hari dan CJ Night, gue masih merasa bukan di Indonesia. Kalo bahasa gaulnya “Jet Lag” gitu…
Lah masberoh kan ga pernah naik pesawat, sok-sokan ngerti “Jet Lag”. Beidewei emang di AFA dan CJ Night emang ada apa aja sih? Dan ngapain aja masberoh disana?

Tenang, di Blogpost kali ini, Gue akan share semua pengalaman Gue di AFAID 2012 dan CJ Night!!

Apa itu AFAID? AFAID singkatan dari Anime Festival Asia Indonesia, dan yak. Ini adalah festival yang mengumpulkan semua Otaku dari seluruh Indonesia. Per harinya di AFAID ada 3 area penting. Exhibition Area, Stage Area, dan Super Concert I Love Anisong.

Exhibition Area – Area ini dipenuhi berbagai macam stand-stand yang sangat menarik. Bayangin lo bisa nemuin berbagai macam Action Figure, Figma, Gundam, Battle Cards, Official Goods, Maid & Butler Café, dll.

Stage Area – di area ini lo bisa ngeliat berbagai special guest yang  hadir di AFAID, seperti Danny Choo dan Vivian Wijaya. Ada screening anime dan Cosplay.

Super Concert I Love Anisong – ini adalah konser lagu-lagu anime yang langsung dinyanyikan oleh artis yang membawakannya. Konser selama 4 jam yang mengaduk-aduk emosi penonton.

 

AFAID 2012 – Day 1

Di hari pertama ini Gue berangkat dari rumah naik busway jam 9. Alhasil Gue nyampe lokasi, JiExpo Kemayoran sekitar jam 11. Dan ngeliat antrian yang…..ah, pokoknya panjang antriannya ga berkeprikemanusiaan deh belum ditambah sama matahari yang lagi diatas kepala pas! Gue beneran niat mau pulang kalo aja kecintaan Gue terhadap Pop-Culture Jepang ini ga menghalangi Gue.

Setelah ngantri sekitar 1.5 jam dan hampir terancam kulit Gue ga semulus Shinta, akhirnya Gue masuk ke Venue.

Begitu masuk jujur gue kaget setengah mati karena eh karena PENUHNYA MINTA AMPUN!! Dan dimana-mana ada cosplay.

taken from @MahatmaArya

taken from @MahatmaArya

taken from @MahatmaArya

Gue akhirnya memutuskan untuk masuk area Exhibition, karena gue bawa kamera gue dibentak sama security ga boleh masuk Area Stage padahal mau liat line-up para pengisi konser I Love Anisong malam ini😥. Di area Exhibition ini Gue kagum dengan para pengunjungnya yang banyaknya minta ampun sampe jalan aja susah.

Di area exhibition ini Gue ngeliat berbagai stand. Stand Gundam, Bandai, Good Smile Company, harajuku playground, dll. Dan yang paling gue suka adalah ngeliat berbagai Action Figure yang ada di area ini. KUALITAS TOP!

Gue juga ketemu sama Vivian Wijaya, yang biasa dipanggil Dr.Vee. dia adalah Dokter bedah bersertifikasi yang alih profesi menjadi Mangaka. Dan dia adalah Orang Indonesia.

Waktu udah menunjukan hampir jam 13.00 pas temen Gue, Nusa dateng. Ga pake lama gue langsung nitipin Kamera Gue sama dia karena mau ke stage area. Mau liat talkshownya Danny Choo. Siapa itu Danny Choo? Dia adalah Blogger terkenal asal Jepang dan director dari Culture Japan, sebuah acara tentang kebudayaan Jepang yang ditayangkan di MX TV, Jepang.

taken from @MahatmaArya

Di talkshow berdurasi 1 jam lebih ini gue menangkap beberapa wejangan yang akan selalu gue tancapkan di diri Gue.

“buatlah ‘sharing’ menjadi sebuah kebutuhan”

“kumpulkan keberanian untuk menjalani hidup untuk mengejar passion seumur hidup kita. Jangan sia-siakan hidup hanya untuk memenuhi ekspektasi orang sekitar.”

“kesuksesan akan otomatis terbentuk secara tidak sadar saat kita mengejar passion hidup kita. Selalu”

Belom selesai talkshow Danny Choo, temen Gue Nusa sms gue berisi “Bro! udah kelar belom? Kita lagi antriin masuk Maid Café nih!! Udah mau masuk. Kesini cepetan!” Gue pun Teleport balik ke Exhibition Area.

Gue sempet bilang kan kalo di Exhibition Area ada Maid & Butler Café? Kalo Maid café adalah café dimana yang ngelayanin kita adalah cewek-cewek kawaii, kalo Butler café yang ngelayanin adalah cowok-cowok Ikemen (pantes antriannya cewek semua). Karena TIDAK MUNGKIN kalo gue masuk Butler café akhirnya Gue masuk ke Moe Moe Kyun Maid Café.

Di MMK Maid Café ini seperti sudah diprediksi, Maidnya cantik-cantik tapi mereka pake bahasa Inggris, karena para Maid ini dikumpulin dari Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Jadi yang ga bisa bahasa Inggris hati-hati dengan percakapan berikut :

Maid : what would you like to order, goshujin-sama?
Lo : Yes, I Love You to, beibeh!😉

Emang harga makanan di MMK Maid Café ini agak ga manusiawi. Main Course (Omurice / Curry Rice) : Rp. 150.000,- dan Dessert (Strawberry/Chocolate shortcake) : Rp. 110.000,-.

Jujur gue kaget dan hampir gebrak meja dan teriak “HARGA MACAM APA INI!!” tapi pas liat para Maidnya, hati langsung adem. Yah namanya juga manusia yah. Haha.

Tapi di Maid café ini pelayanannya agak terburu-buru dan kurang greget gimana gitu. Games juga ga ada, jd agak kurang memuaskan. Tapi pas Gue nanya ke Manajernya, Jim Khor, Ia pun menjawab “kami terpaksa harus menghilangkan games dan segala sesuatu di persingkat karena melihat antrian pengunjung yang diluar ekspektasi kami”.

Ya tapi Gue sama temen Gue cukup puas dengan pelayanan yang diberikan Momo dan Ringo. Semoga di lain waktu bisa bertemu di waktu yang lebih senggang.

Hari pertama Gue berakhir disini. Yup. Gue ga nonton Konser I Love Anisong hari pertama karena masalah dompet tiris.😥

AFAID 2012 – Day 2

Di hari kedua ini Gue berangkat agak siang karena gue ga takut sama antrian kayak kemaren. Kenapa? Karena di hari pertama udah Gue sekalian tuker. Jadi hari ini tinggal masuk aja. Gue sampe ke lokasi sekitar jam 12.00. tujuan utama gue hari ini dateng siang-siang hanya 1 : dapetin Tanda tangan KOTOKO jam 12.30. untuk dapetin tanda tangannya Gue harus nuker tiket VIP pas I Love Anisong dengan undian. Nah nanti diundi kita dapet tanda tgn siapa. Pas Gue coba pertama Gue dapet Stereopony.

Gue ga bilang gue ga suka stereopony, tapi jujur gue belom pernah denger. Jadi gue minta tolong sama panitianya “bisa dituker ga sama KOTOKO?” dia bilang, bisa tapi tunggu 2 menit sebelom autograph mulai 12.28. akhirnya gue beserta beberapa fans KOTOKO lainnya ikut nunggu. Sampe akhirnya dikasih dan kita literally lari menuju lokasi Autograph Session.

Sayangnya KOTOKO ga langsung tanda tangan di tempat, jadi ga bisa tatap muka dan salaman kayak artis lain😥 agak kecewa saat kita Cuma dikasih poster dgn ttd KOTOKO sama panita tapi ya sudahlah! MISSION ACCOMPLISHED!!

Di hari kedua ini juga gue akhirnya beli kartu MOEKANA. Apa itu? MOEKANA adalah kartu untuk memudahkan kita menghafal KANA yang bergambar MOE. Yang Gue beli untuk ngefalin HIRAGANA.

Dan karena Gue udah puas ngelilingin Exhibition Area pas hari pertama, akhirnya Gue nongkrong di Stage Area ngeliat Final Cosplay Competition.

ga keliatan sih -____-“

Jujur ini pertama kali gue liat cosplay competition dengan segala set dan adegan-adegan. Dan kesan pertama Gue. KEREN!! Dan Gue bener-bener netesin air mata saat ada yg cosplay digimon trs soundtrack digimon diputer. Badan gue merinding, otomatis nangis. :’)

Next Gue nonton konser I Love Anisong. Gue beli tiket VIP dan dapet tempat di tengah langsung didepan Gue stage. Lucky!

Konser dibuka Oleh Sea*A, Girlband yang (kalo ga salah) dibentuk dari ex-Maid di Moe Moe Kyun di AFA 2011. Dan ini pertama kalinya Gue nonton Girl band Live ternyata kalo cewek2 muda umur belasan ngumpul dan nyanyi itu….ceria sekali ya! Haha

Next adalah performance dari Angela. Sampe saat konser, gue ga tau siapa itu Angela dan, maaf, agak nge-underestimate mereka. Dan balasannya adalah Angela lah yang menjadi Highlight konser ini menurut Gue. Kekagetan Gue ada di Suara dan gaya bernyanyi sang Vokalis, Atsuko. Suaranya bagus banget dan cara ambil tarikan dan vibra-nya mirip Ayumi Hamasaki. Belum lagi mereka menguasai panggung dengan Jokes dari Katsu si gitaris dan interaksi dengan penonton apik banget.

Ga sampe disitu,  Angela mengejutkan Gue dengan melaksanakan Encore. Bukan encorenya yg bikin gue terkejut tapi lagu yang dibawain [Zankoku na Tenshi no Teeze] opening dari Neon Genesis Evangelion, yang sampe sekarang terus ada di No.1 List anime favorit Gue. Gue lompat-lompat dan teriak kegirangan.

YUP. GUE OFFICIALY MENJADI FANS ANGELA!!

Berikutnya Stereopony masuk. Ternyata ada fanbasenya stereopony di daerah belakang dan langsung teriak-teriak. Band ini adalah band yang semua anggotanya wanita. Entah karena gue terlalu kagum dan terlalu capek dengan performance Angela, gue jadi kurang bersemangat denger Stereopony, atau emang karena gue ga pernah denger lagu mereka kali ya!

Dan ini yang ditunggu-tunggu, KOTOKO!! Dia masuk dan langsung ngebawain lagu favorit gue dari playlist dia, Light My Fire dari Shakugan no Shana. Semua penonton bersorak-sorai dan langsung all-out!! Saat KOTOKO selesai, penonton chanting “ENCORE! ENCORE!” yang ga berhenti berhenti. Akhirnya dia masuk lagi dan ngebawain encore ga Cuma 1 tapi 2 lagu. Konser hari ini ditutup dengan ‘Hayate’ dari KOTOKO.

Maaf ya ga boleh bawa kamera pas konser, jadi Cuma cerita aja. Haha.

Satu pelajaran yang Gue ambil dari Konser ini : “Gue Cinta (Wanita) Jepang!”

 

CJ Night (Culture Japan Night)

Petualangan marathon Gue belum berhenti walaupun AFAID 2012 ini udah selesai. Kenapa? Karena hari berikutnya ada event CJ Night. Apa itu CJ Night? CJ Night kependekan dari Culture Japan Night. Adalah malam gathering untuk para penggemar Culture Japan dan bisa bertemu Danny Choo langsung.

Awalnya event CJ Night ini akan dilaksanakan di Mal Taman Anggrek, di dapur Anggrek, tapi karena antusias CJ Night ini sangat besar bahkan di registrasi online aja mencapai 600 orang lebih. Akhirnya di detik-detik terakhir tempat berlangsungnya CJ Night di pindah ke Hotel Borobudur riangan Sumba B. dan berlangsung dari jam 15.00 sampai 21.00.

Kondisi saat gue dateng (jam 18.00) itu penuh banget! Banyak banget orang disana. Uniknya ada yang lagi ngobrol sama Danny Choo, ada yg main Moekana, ada yg foto2 action figure, bahkan ada yang main Psp di pojok ruangan. Dan ternyata ga lama setelah gue dateng dilaksanakan acara “Turnamen Moekana” yang juga merupakan Turnamen Moekana pertama di seluruh Dunia.

Danny Choo jadi Wasit pertandingan Final

Dan setelah lama menanti, ini dia para pemenangnya!

Gue juga harus antri untuk nemuin Danny Choo. Sepanjang apa antriannya? Well, Gue abisin waktu 1.5 jam untuk antri.😐

Dan akhirnya setelah ketemu danny coo, gue foto bareng dan minta tanda tangannya di Moekana Mirai Suenaga punya Gue.

Gue + Danny Choo

Tepat jam 9, Danny berterima kasih terhadap Antusiasme kami, para Otaku Indonesia dan ia berjanji akan mengadakan Event lagi disini.

Akhirnya gue, Otaku yang kecapean setelah marathon 3 hari non-stop ini pun pulang dan tumbang di kasur.

Capek masberoh?
iya nih, baru kali ini bikin postingan panjang bener!!

Ga papa masberoh sekali-sekali bikin sesuatu yg agak panjang, gak Cuma dosa aja.
Woy!! Ah sudahlah, gue terlalu capek untuk marah-marah.

Ehem! Inti dari post ini adalah bahwa Antusiasme kita, Otaku dari Indonesia akan semakin dilihat oleh pihak industri anime Jepang yang Isyallah akan lebih gencar memasarkan Pop-Culture ini di Negara kita. Keep True to Your Heart, Guys!!

Categories: Pop-Culture, Rifdhan's Diary | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , | 1 Comment

Post navigation

One thought on “AFA Indonesia 2012 + Culture Japan Night

  1. alex

    woohhh keren mas brooo ..,,
    klo bisa yang AFAID 2013 ikutin juga donk ..,, ane juga pengen dateng ke acara afaid ataupun CJN
    tapi lokasi saya di surabaya.😦
    hehehe mo nabung dari sekarang kumpul kumpul receh buat ke afa berikutnya ^^

    ohh ya klo aku gak bisa dateng tolong post juga yah.. mulai acara cosu exb, sampai konser ^^ AFAID 2013 nanti hehehe

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

