Idol 101 : Idol? Apaan Sih?

Tanggal 18 Maret kemaren Gue ulang tahun, dan sahabat2 Gue pun dateng kerumah Gue buat ngasih kue ultah. Bener2 sahabat yang baik. Mereka ngerti perasaan jomblo yang ngerayain ulang tahun sendirian sambil jongkok di pojok kamar. *hiks*

Nah ditengah-tengah obrolan Gue sama sahabat2 Gue entah gimana ceritanya jadi ngelebar ngebahas Idol. Kayak pertanyaan2 “Idol itu apa sih?” dan pertanyaan2 lanjutan kayak “Kok mereka kalo nyanyi lipsync?”, “dancenya kok kaku gitu ya?” atau cibiran kayak “idol sok imut ah!”. Disini Gue tersadar kalo walaupun udah hampir 4 tahun sejak JKT48 dibentuk di indonesia dan kata “Idol” mulai sering kita dengar, masih banyak orang yang ga tau dan kurang paham apa itu idol.

Dan sebagai Duta Seni dan Kebudayaan Jepang Departemen Kultur Pop (Self-proclaimed). Gue akan mencoba menjelaskan dengan singkat mengenai “Idol? Apaan Sih?”

==============================================================================

Idol Itu Apa?

Gampangnya Idol itu adalah orang2 yang sedang dalam perjalanan menuju dunia keartisan. Beda sama selebritis atau artis yang biasa kita liat di TV, idol itu belum jadi selebritis atau artis. Tugas seorang Idol adalah mengumpulkan fans sebanyak2nya dan menemukan kemampuan dan jati dirinya untuk nantinya saat dia terjun total di dunia showbiz. Dan nilai jual seorang idol adalah rasa senang kita, para fans, melihat sang Idol berusaha sekuat tenaga untuk berkembang dan tumbuh untuk menjadi entertainer sejati.

idol-1

Kalo Idol Group itu apa? Girlband atau Boyband gitu ya?

Bukan. Idol Group itu adalah kumpulan para Idol dibawah satu nama, seperti : AKB48, EXILE, Morning Musume, dsb. Biasanya dalam Idol Group akan lebih mudah mempromosikan sang Idol mengingat banyaknya fans yang memperhatikan mereka, tapi disisi lain para Idol di Idol Group seakan bersaing dengan sesama member dalam memperoleh fans.

beberapa contoh Idol Group

beberapa contoh Idol Group

Perbedaan yang paling mencolok adalah Proses. Girlband, seperti SNSD, 2NE1, dsb. Adalah sebuah produk final. Sebuah produk yang telah menjalani proses penyaringan, pelatihan ketat dan pembentukan karakter yang dilakukan agensi pada membernya. Sedangkan pada Idol Group bisa dibilang adalah tahap prosesnya. Member dari Idol Group adalah orang2 yang masih mentah dan kasar, Semua kegiatan yang dilakukan member Idol Group adalah dalam rangka untuk mengasah dan mempoles mereka hingga menjadi entertainer yang matang.

beda Idol Grou dengan Girlband/Boyband

beda Idol Grou dengan Girlband/Boyband

Idol Kok Kalo Nyanyi Lipsync? Suaranya Jelek Ya?

Yup. Beberapa Idol emang suaranya ga bagus, ada juga yang dancenya jelek. Terus kenapa mereka bisa jadi Idol? Karena ga semua tujuan seorang Idol itu jadi Penyanyi. Ada juga Idol yang tujuan akhirnya untuk jadi Aktris, Seiyuu, Model, atau Fashion Designer. Dan tujuan dasarnya untuk jadi Idol yaitu : Ngumpulin Penggemar, Dikenal Masyarakat, dan Memperluas Kenalan Bisnis. Cuma untuk masuk Idol Group syarat dasarnya biasanya harus bisa nyanyi dan dance karena promosi utama mereka adalah pertunjukan show.

Yukirin AKB48 dan Iriyama Anna AKB48 di Dorama Kurofuku no Monogatari

Yukirin AKB48 dan Iriyama Anna AKB48 di Dorama Kurofuku no Monogatari

Jadi Kalo Jadi Idol, Nantinya Pasti Jadi Selebritis?

Enggak. Seperti yang Gue bilang kalo Idol itu hanya wadah suatu proses. Hasil akhirnya cuma 2 : Berhasil jadi apa yang mereka cita2kan atau Keluar dan balik lagi ke kehidupan normal. Dan yang kayak kita tahu, mau di negara manapun, untuk masuk dan bertahan di dunia Showbiz itu berat banget, jadi ya ga heran kalo Idol yang gagal ditengah jalan juga banyaknya bukan main.Dan dengan bergabung dengan Idol Group, walaupun menambah berat persaingan, kesempatannyapun lebih banyak, seperti Haruka Nakagawa JKT48 yang dapet kesempatan lebih bagus untuk karirnya setelah ditransfer dari AKB48 Jepang ke Indonesia.

Haruka dan Sule di Ini Talkshow

Haruka dan Sule di Ini Talkshow

Idol Sok Imut! Bikin ilfil!!

Pertama, emang asalnya Idol kn dari Jepang. Dan menurut ahli (beneran menurut ahli) di Jepang itu ada semacam kultur Moe dan Kawaii. Mungkin kalo di Indonesia disebutnya “Sok Imut”. Tapi di Jepang ada juga istilah buat sok imut, yaitu “Burikko” dan sama kayak disini, biasanya pelaku Burikko ini ga disukain.

Dan Kedua, Idol biasanya mulai karir mereka sebagai Idol pada usia muda, bahkan ada yang masih 11 tahun. Di usia muda ini biasanya mereka belom punya kepribadian atau karakter yang menonjol, makanya terkesan sok imut. Dan banyak yang menemukan karakter mereka di karir Idol mereka.

Itano Tomomi 2006 dan Itano Tomomi 2011

Itano Tomomi 2006 dan Itano Tomomi 2011

Hmmm…Udah Sering Liat Video Klipnya di Youtube. Tapi Kok Kurang Interest Ya?

Emang sih jarang banget yang bisa suka banget sama Idol Group cuma dengan nonton Video Klip mereka. Biasanya orang jadi fans mereka karena nonton variety shows, performance live, dan ikut event yang diselenggarain khusus (kayak handshake event, hug event, dll.). Karena kekuatan sebenarnya dari Idol adalah Fans Service, Pertumbuhan Karakter & Kemampuan, dan Kedekatan dengan Fans. The more you know them personally, the more you’ll attached.

<link Playlist>


Wota Tuh Apa? Kok Kalo Nonton Konser Heboh Sendiri?

Wota adalah kependekan dari Otaku Idol, Orang yang Obsesif sama Idol. Biasanya mereka rajin ikut stage performance Idol, ngumpulin Merchandise dan ga pernah absen ikut event. Bahkan dijepang ada yang rela berhenti dari kerjaannya, terus pindah ke Akibahara dan nonton Theatre AKB48 30 hari berturut-turut saking fanatiknya.

Dance dan Chant yang Wota ini lakuin pas nonton Idol disebut Wotagei. Gue juga kurang ngerti kenapa mereka nge-Wotagei selama konser, karena menurut Gue pribadi jadi ga bisa nikmatin konsernya. Cuma mungkin Wotagei ini mereka tujukan untuk menunjukan Support kepada Idol mereka dan sebagai rasa persatuan sesama fans.

idol-4

Btw Idol Group manggil fans mereka bukan Wota, tapi tetap fans (Fans no Minnasan = Fans Semuanya). Bisa dibilang Wota itu semacam julukan yang diberikan masyarakat (sama kayak Otaku). Jadi agak heran juga kalo ada yang bilang “Gue nih Wota!”.

Yak!! Gue kira segini cukuplah ya buat pengenalan tentang Idol, supaya ga salah paham lagi. Sukur2 bisa ikutan jadi fans…haha

Kalo ada yang mau ditanya, tanyain aja di kolom comment dobawah, nanti Gue jawab sebisa Gue. Atau kalo ada yang mau nambah2in juga boleh. Kalo kebanyakan nanti Gue tampung n jadiin postingan baru part2 aja entar..haha.

aMrmBE1_460sv

Categories: Pop-Culture | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: