Pop-Culture

Tips Menonton Anime yang Baik dan Benar

 

Untuk manusia-manusia pencinta anime, pasti banyak waktu yang kita dedikasikan cuma buat nonton anime. Mau itu marathon 12-24 episode anime atau sabar nungguin tiap episode per minggu di primetime. Dan pastinya kita juga bakal berdebat tentang GOOD atau BAD nya sebuah anime. Mulai dari Character Development, Storyline, Twist, dll. Tapi sadar ga kalo salah satu factor penentu dari “Penilaian” kita ada di Experience kita saat menonton?

Experience kayak mood, sound, bahkan hati yang galau karena ditinggal kekasih pun ngaruh ke penilaian kita. NAH!! Kali ini gue mau share TIPS MENONTON ANIME YANG BAIK DAN BENAR supaya memaksimalkan experience itu dan kita bisa menonton sebuah anime sebagaimana anime itu seharusnya ditonton.

 

  1. Bersihin Kamar!!

tips nonton anime 1

Bersihin kamar sebersih dan serapih mungkin. Karena kalo kamar kamu bersih, pikiran kamu juga lebih jernih dan kamu pastinya bias lebih fokus nonton kan? Coba kalo celana dalem kamu berserakan dimana-mana terus kamu mau nonton CLANNAD? Bisa2 nangis bukan karena storylinenye, tapi karena kebauan sesak napas.

 

  1. Headphone!!

tips nonton anime 4

Mungkin kalian udah pada tau kakamu Seiyuu (Pengisi Suara) di Jepang itu di kerjakan dengan sangat professional sehingga karakter dalam anime seolah punya ‘nyawa’. Belum lagi BGM dan Soundtrack yang bisa memainkan emosi penonton naik turun. Dan yang bisa memaksimalkan itu semua : HEADPHONES!! Bener deh, kalo bisa jangan nonton anime di speaker murahan GREGETnya ga dapet.

 

  1. Taruh Snack di Jangkauan.

tips nonton anime 5

Kalo kamu tipe orang yang suka ngemil selagi nonton, siapin dan taro snack kamu di jangkauan tangan kamu. Kalo bisa posisi nyaman kamu jangan sampe berubah walau harus ngambil snack. Dan snacknya jangan terlalu berisik, nanti ga kedengeran suara anime nya.

 

  1. Anime dari Source yang bagus

tips nonton anime 6

Ada 2 tipe penonton anime : 1. Hardcore, yang bela-belain beli Blu-Ray Disc anime favoritnya. Dan 2. Pas-pasan, yang sukanya nge-download anime favoritnya dari forum-forum. Ga peduli mau kamu termasuk di tipe mana, usahakan dapatkan source anime kamu yang paling bagus. Ya kalo download misalnya jangan yang di compress mini banget, usahakan minimal DVDrip ato kalo bisa malah BRrip. Karena kalo kompressan itu banyak kualitas yang akan berkurang seperti suara atau kualitas gambar. Dalam beberapa level emang ga terlalu terasa tapi sayang aja.

 

  1. Jauhkan Semua Masalah Duniawi

tips nonton anime 2

Nonton anime itu ibarat kita pergi ke dimensi lain. Dunia Lain. Ambil 5-10 Menit untuk meditasi kecil-kecilan. Lupakan semua masalah yang terjadi di dunia nyata. Pacar ngambek, Atasan Murka, Cicilan motor belom lunas, Mantan ngajakin selingkuh? LUPAKAN SEMUA!!

 

  1. Lights off!!

tips nonton anime 7

Matiin lampu kamar kamu, dan nikmati anime kamu!

 

Tapi eh Tapi!! Mau sebagaimana pun asiknya kamu nonton anime, atau seberapa serunya anime kamu sedang berlangsung, kalo kamu dipanggil sama ibu kamu karena ibu kamu perlu bantuan, TINGGALKAN ANIME KAMU!! Karena ga ada yang lebih penting dari ibu kamu, termasuk anime dan waifu tercintah!

tips nonton anime 3

Categories: Pop-Culture | Leave a comment

Idol 101 : Idol? Apaan Sih?

Tanggal 18 Maret kemaren Gue ulang tahun, dan sahabat2 Gue pun dateng kerumah Gue buat ngasih kue ultah. Bener2 sahabat yang baik. Mereka ngerti perasaan jomblo yang ngerayain ulang tahun sendirian sambil jongkok di pojok kamar. *hiks*

Nah ditengah-tengah obrolan Gue sama sahabat2 Gue entah gimana ceritanya jadi ngelebar ngebahas Idol. Kayak pertanyaan2 “Idol itu apa sih?” dan pertanyaan2 lanjutan kayak “Kok mereka kalo nyanyi lipsync?”, “dancenya kok kaku gitu ya?” atau cibiran kayak “idol sok imut ah!”. Disini Gue tersadar kalo walaupun udah hampir 4 tahun sejak JKT48 dibentuk di indonesia dan kata “Idol” mulai sering kita dengar, masih banyak orang yang ga tau dan kurang paham apa itu idol.

Dan sebagai Duta Seni dan Kebudayaan Jepang Departemen Kultur Pop (Self-proclaimed). Gue akan mencoba menjelaskan dengan singkat mengenai “Idol? Apaan Sih?”

==============================================================================

Idol Itu Apa?

Gampangnya Idol itu adalah orang2 yang sedang dalam perjalanan menuju dunia keartisan. Beda sama selebritis atau artis yang biasa kita liat di TV, idol itu belum jadi selebritis atau artis. Tugas seorang Idol adalah mengumpulkan fans sebanyak2nya dan menemukan kemampuan dan jati dirinya untuk nantinya saat dia terjun total di dunia showbiz. Dan nilai jual seorang idol adalah rasa senang kita, para fans, melihat sang Idol berusaha sekuat tenaga untuk berkembang dan tumbuh untuk menjadi entertainer sejati.

idol-1

Kalo Idol Group itu apa? Girlband atau Boyband gitu ya?

Bukan. Idol Group itu adalah kumpulan para Idol dibawah satu nama, seperti : AKB48, EXILE, Morning Musume, dsb. Biasanya dalam Idol Group akan lebih mudah mempromosikan sang Idol mengingat banyaknya fans yang memperhatikan mereka, tapi disisi lain para Idol di Idol Group seakan bersaing dengan sesama member dalam memperoleh fans.

beberapa contoh Idol Group

beberapa contoh Idol Group

Perbedaan yang paling mencolok adalah Proses. Girlband, seperti SNSD, 2NE1, dsb. Adalah sebuah produk final. Sebuah produk yang telah menjalani proses penyaringan, pelatihan ketat dan pembentukan karakter yang dilakukan agensi pada membernya. Sedangkan pada Idol Group bisa dibilang adalah tahap prosesnya. Member dari Idol Group adalah orang2 yang masih mentah dan kasar, Semua kegiatan yang dilakukan member Idol Group adalah dalam rangka untuk mengasah dan mempoles mereka hingga menjadi entertainer yang matang.

beda Idol Grou dengan Girlband/Boyband

beda Idol Grou dengan Girlband/Boyband

Idol Kok Kalo Nyanyi Lipsync? Suaranya Jelek Ya?

Yup. Beberapa Idol emang suaranya ga bagus, ada juga yang dancenya jelek. Terus kenapa mereka bisa jadi Idol? Karena ga semua tujuan seorang Idol itu jadi Penyanyi. Ada juga Idol yang tujuan akhirnya untuk jadi Aktris, Seiyuu, Model, atau Fashion Designer. Dan tujuan dasarnya untuk jadi Idol yaitu : Ngumpulin Penggemar, Dikenal Masyarakat, dan Memperluas Kenalan Bisnis. Cuma untuk masuk Idol Group syarat dasarnya biasanya harus bisa nyanyi dan dance karena promosi utama mereka adalah pertunjukan show.

Yukirin AKB48 dan Iriyama Anna AKB48 di Dorama Kurofuku no Monogatari

Yukirin AKB48 dan Iriyama Anna AKB48 di Dorama Kurofuku no Monogatari

Jadi Kalo Jadi Idol, Nantinya Pasti Jadi Selebritis?

Enggak. Seperti yang Gue bilang kalo Idol itu hanya wadah suatu proses. Hasil akhirnya cuma 2 : Berhasil jadi apa yang mereka cita2kan atau Keluar dan balik lagi ke kehidupan normal. Dan yang kayak kita tahu, mau di negara manapun, untuk masuk dan bertahan di dunia Showbiz itu berat banget, jadi ya ga heran kalo Idol yang gagal ditengah jalan juga banyaknya bukan main.Dan dengan bergabung dengan Idol Group, walaupun menambah berat persaingan, kesempatannyapun lebih banyak, seperti Haruka Nakagawa JKT48 yang dapet kesempatan lebih bagus untuk karirnya setelah ditransfer dari AKB48 Jepang ke Indonesia.

Haruka dan Sule di Ini Talkshow

Haruka dan Sule di Ini Talkshow

Idol Sok Imut! Bikin ilfil!!

Pertama, emang asalnya Idol kn dari Jepang. Dan menurut ahli (beneran menurut ahli) di Jepang itu ada semacam kultur Moe dan Kawaii. Mungkin kalo di Indonesia disebutnya “Sok Imut”. Tapi di Jepang ada juga istilah buat sok imut, yaitu “Burikko” dan sama kayak disini, biasanya pelaku Burikko ini ga disukain.

Dan Kedua, Idol biasanya mulai karir mereka sebagai Idol pada usia muda, bahkan ada yang masih 11 tahun. Di usia muda ini biasanya mereka belom punya kepribadian atau karakter yang menonjol, makanya terkesan sok imut. Dan banyak yang menemukan karakter mereka di karir Idol mereka.

Itano Tomomi 2006 dan Itano Tomomi 2011

Itano Tomomi 2006 dan Itano Tomomi 2011

Hmmm…Udah Sering Liat Video Klipnya di Youtube. Tapi Kok Kurang Interest Ya?

Emang sih jarang banget yang bisa suka banget sama Idol Group cuma dengan nonton Video Klip mereka. Biasanya orang jadi fans mereka karena nonton variety shows, performance live, dan ikut event yang diselenggarain khusus (kayak handshake event, hug event, dll.). Karena kekuatan sebenarnya dari Idol adalah Fans Service, Pertumbuhan Karakter & Kemampuan, dan Kedekatan dengan Fans. The more you know them personally, the more you’ll attached.

<link Playlist>


Wota Tuh Apa? Kok Kalo Nonton Konser Heboh Sendiri?

Wota adalah kependekan dari Otaku Idol, Orang yang Obsesif sama Idol. Biasanya mereka rajin ikut stage performance Idol, ngumpulin Merchandise dan ga pernah absen ikut event. Bahkan dijepang ada yang rela berhenti dari kerjaannya, terus pindah ke Akibahara dan nonton Theatre AKB48 30 hari berturut-turut saking fanatiknya.

Dance dan Chant yang Wota ini lakuin pas nonton Idol disebut Wotagei. Gue juga kurang ngerti kenapa mereka nge-Wotagei selama konser, karena menurut Gue pribadi jadi ga bisa nikmatin konsernya. Cuma mungkin Wotagei ini mereka tujukan untuk menunjukan Support kepada Idol mereka dan sebagai rasa persatuan sesama fans.

idol-4

Btw Idol Group manggil fans mereka bukan Wota, tapi tetap fans (Fans no Minnasan = Fans Semuanya). Bisa dibilang Wota itu semacam julukan yang diberikan masyarakat (sama kayak Otaku). Jadi agak heran juga kalo ada yang bilang “Gue nih Wota!”.

Yak!! Gue kira segini cukuplah ya buat pengenalan tentang Idol, supaya ga salah paham lagi. Sukur2 bisa ikutan jadi fans…haha

Kalo ada yang mau ditanya, tanyain aja di kolom comment dobawah, nanti Gue jawab sebisa Gue. Atau kalo ada yang mau nambah2in juga boleh. Kalo kebanyakan nanti Gue tampung n jadiin postingan baru part2 aja entar..haha.

aMrmBE1_460sv

Categories: Pop-Culture | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

AFA Indonesia 2012 + Culture Japan Night

Hallo minna-swaaaaan!!! Ogenki desuka? Boku mo genki desu. (^-^)/
Woy, woy, masberoh!! Napa jadi pake bahasa Jepang? Kita di Indonesia ini?

ああ、そうですね。ごめん、ごめん。
Kenapa malah makin jadi nih masberoh? Ribut dah yok!!

Maaf ya maaf, abis Marathon AFAID 2012 2 hari dan CJ Night, gue masih merasa bukan di Indonesia. Kalo bahasa gaulnya “Jet Lag” gitu…
Lah masberoh kan ga pernah naik pesawat, sok-sokan ngerti “Jet Lag”. Beidewei emang di AFA dan CJ Night emang ada apa aja sih? Dan ngapain aja masberoh disana?

Tenang, di Blogpost kali ini, Gue akan share semua pengalaman Gue di AFAID 2012 dan CJ Night!!

Apa itu AFAID? AFAID singkatan dari Anime Festival Asia Indonesia, dan yak. Ini adalah festival yang mengumpulkan semua Otaku dari seluruh Indonesia. Per harinya di AFAID ada 3 area penting. Exhibition Area, Stage Area, dan Super Concert I Love Anisong.

Exhibition Area – Area ini dipenuhi berbagai macam stand-stand yang sangat menarik. Bayangin lo bisa nemuin berbagai macam Action Figure, Figma, Gundam, Battle Cards, Official Goods, Maid & Butler Café, dll.

Stage Area – di area ini lo bisa ngeliat berbagai special guest yang  hadir di AFAID, seperti Danny Choo dan Vivian Wijaya. Ada screening anime dan Cosplay.

Super Concert I Love Anisong – ini adalah konser lagu-lagu anime yang langsung dinyanyikan oleh artis yang membawakannya. Konser selama 4 jam yang mengaduk-aduk emosi penonton.

 

AFAID 2012 – Day 1

Di hari pertama ini Gue berangkat dari rumah naik busway jam 9. Alhasil Gue nyampe lokasi, JiExpo Kemayoran sekitar jam 11. Dan ngeliat antrian yang…..ah, pokoknya panjang antriannya ga berkeprikemanusiaan deh belum ditambah sama matahari yang lagi diatas kepala pas! Gue beneran niat mau pulang kalo aja kecintaan Gue terhadap Pop-Culture Jepang ini ga menghalangi Gue. Continue reading

Categories: Pop-Culture, Rifdhan's Diary | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , | 1 Comment

Otaku. Perspektif Negeri Sakura dan Negeri Garuda

Hallo minna-san.
Etoo, masberoh kok tumben nih serius banget? Ini introduction loh, harus lucu!

Maaf kali ini kita bakal nge-share tentang hal yang serius, jadi saya juga ikut serius.
“saya”?! masberoh pake kata “saya”!! hal ini pasti serius banget ya?

Tentu saja. Tapi sebelumnya, senang sekali saya, Rifdhan Jayadilla,  sebagai host yang tampan dan gante-
*lempar sepatu* OI tadi katanya serius?!

Ahaha..maaf2 tadi niatnya mw serius kyk host infotainment gitu, tapi ga bisa..haha. tapi yang gue bilang barusan ga sepenuhnya salah lho, kali ini gue akan nge-share hal yg agak serius dikit. Hal yang mau gue share ke teman2 kai ini adalah “Otaku. Perspektif negeri sakura dan negeri garuda.”

Otaku. Apa sih yang ada di pikiran teman2 saat denger kata ini? Anti-sosial, terlalu obsesif dgn video game dan anime, apatis, tampan? Sedikit contoh ini menggambarkan generalisasi seorang otaku (kecuali poin terakhir itu khusus buat gue).

Otaku sendiri ga Cuma ada di Jepang aja, tapi udah mendunia. Yak!! Mendunia! Otaku ada juga perancis, spanyol, amerika, dan banyak lagi, negara kita, Indonesia, pun juga punya banyak Otaku. Nah temen Gue yang pernah  ke Jepang pernah ngebuat pertanyaan kayak gini: “kenapa ya kalo di Jepang, Otaku itu negatif banget? Tapi kalo di negara kita malah terkesan menyenangkan dan membanggakan?”

Nah, gue sebagai anak lulusan IT penjurusan perdetektifan ber IP 3,2 akan mencoba menjawab pertanyaan ini!.

Perspektif di Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang persaingannya ketat. Salah satunya adalah di bidang pendidikan. Nah otaku seperti yang kita tau terlalu obsesif dengan anime dan video games. Hal ini menyebabkan waktu untuk bersaing dengan pesaing lain di bidang akademis menjadi sangat kurang. Tentu saja hal ini menjadi nilai minus di mata Orang tua dan Continue reading

Categories: Pop-Culture | Tags: , , , , , , , , | 3 Comments

Visual Novel. Apa Itu?

Hallo!! Rifdhan di sinih!! Yang disanah apa kabaaaarrryaaaaaaa????
Eh masberoh, ini blog yah bukan konser. Mohon pengertiannya!

Oh gitu? Ya udah, ehem, kepada para pembaca ku yang tersayang, izinkan lah saya mempersembahkan bahasan pada pertemuan kita kali ini. #yaksip!
#yaksip! Gundulmu!! Itu kyk pidato pembuka 17-an!! Ganti!

AH! BERISIK!! *lempar garam*

EHEM!! Okeh kali ini gw akan share ke para japanOhJapan Friends (nama fans japanOHjapan sementara) tentang sebuah genre game yg lagi gw gandrungi lagi saat ini. Ya itu : Visual Novel !!


Apa sih visual novel?

visual novel adalah sebuah karya fiksi interaktif yang biasanya pada artworknya menggunakan anime-style art. Tapi ga menutup kemungkinan juga sih kalo visual novel pake gambar orang asli, bahkan video sekalipun. Intinya, visual novel ini seperti namanya bisa diartikan juga novel bervisual, jadi seperti kita baca novel tapi kita diberi berbagai media untuk menvisualisasikan sebuah situasi seperti gambar karakter, setting tempat, suara, bgm, dsb.

Biasanya game visual novel menekankan kekuatan utamanya di script jadi ya kebanyakan ya tulisan namun di berbagai point (flag) player juga akan di minta untuk memilih suatu pilihan reaksi terhadap sebuah situasi. Namun sekarang udah banyak visual novel yg hybrid, penggabungan berbagai genre, bisa digabung puzzle, advanture, bahkan RPG.

Penasaran kyk gimana Visual Novel kyk gimana? Kayak gini nih tampilannya :
Bisa diliat kan kalo visual novel itu memiliki struktur yang cukup simple untuk sebuah game. ^^

Terus masberoh, masa Cuma baca kayak novel? Ga seru donk?!
Ga Cuma gitu juga lah, uniknya di visual novel itu adalah adanya berbagai ‘Route’ yang bisa ditempuh oleh player menuju banyak ending. Ending yg akan didapat oleh player tergantung dari pilihan yang diambil player saat mengambil keputusan.

Wah!! Menarik sekali masberoh!! Jadi pengen main!! Ceritanya ada apa aja sih?

Huahaha!! Ada banyak cerintanya macem2 genre juga tapi dari segi general tipe visual novel bisa dibagi 4, yaitu : Continue reading

Categories: Pop-Culture | Tags: , , , , , , | 2 Comments

1001 Varian Kit Kat di Jepang

Hallo minna-san!! Jumpa lagi dengan manusia paling *maaf* tampan di Jakarta dan Sekitarnya, Rifdhan!!!

*teriak histeris nenek-nenek ABG*


Masberoh, kemana aja sih? Blog kok 1 bulan ga di update?
Maaf2 abis lagi sibuk main  liburan kerja gw. Sumpah beneran!! Dan abis gw ada waktu, tepatnya setelah ke gep dan dimention sama pembaca blog gw tentang “kenapa blog ga update?”, gw pun langsung nge post..haha

Hah? PEMBACA BLOG lo masberoh? Emank ini blog ada yang baca?
(untungnya) ADA!! Dan gw terharu sampe dicariin..haha. akhirnya kalian semua sadar akan pentingnya keberadaan gw sebagai keberlangsungan kata “handsome” di kamus besar Oxford. Huahahahaha

Bukan “handsome” masberoh, tapi “handful”!!

BERISIK!!

Oke sudah cukup panjang kata sambutannya sekarang kita masuk ke topik kali ini. Di blogpost kali ini gw akan mengulas tentang “fenomena KitKat” dijepang.

Kalian pasti tau dong sama coklat yang bertagline “ada break, ada kitkat” ini? Jujur gw termasuk penggemar setia kitkat, entah kenapa rasa

chocolate milknya itu cocok banget sama lidah gw yang lama tinggal di Jakarta. Tapi kalian tau ga sih kalo ternyata eh ternyata kitkat yang rasanya Cuma ada 1 di Indonesia, di luar negeri, khususnya Jepang, keluar dalam berbagai rasa!! Bahkan konon sampai ratusan belum lagi rasa-rasa yang limited edition!!

Terus spesialnya apa masberoh?
Nah yang unik adalah varian rasanya, rasa-rasa yang kamu rasa absurd untuk jadi cemilan, apalagi ada di cemilan coklat, itu ada di jepang, sebut aja kitkat rasa Wasabi, kecap soyu, almond tofu, kacang edamame,dll.

Nih BEBERAPA contoh coklat kitkat yang tersebar di jepang.  Continue reading

Categories: Japan Gourmet, Pop-Culture, Rifdhan's Diary | Tags: , , , , , , , , , , | 6 Comments

TOP 7 Live action versi Japan oh Japan!!

Halo bertemu lagi dengan Japan oh Japan!!

Buat anak SMA yang udah selesai UN : “selamat yah! Semoga lulus semua!! Amin!”
Buat anak SMA kelas XI yang seneng-seneng pas kakak kelasnya mati-matian UN : “tahun depan kalian akan mengalami hal yang sama!! MUAHAHAHAHA!!”

OK. Kali ini gw akan ngebahas tentang Top 7 Live Action versi Japan oh Japan!! Sebelumnya, apa sih live action itu? Live action itu adalah film atau series yang di adaptasi bisa dari manga ataupun dari anime. Ada live action yang Cuma dibuat movie (film 2 jam), ada juga yang dibuat series (biasanya 12 episode per season).

Nah apa aja Live Action yang dipilih Japan oh Japan?? Ini dia!! Continue reading

Categories: Pop-Culture | Tags: , , , , , , , , , , , | 9 Comments

HENSHIN!!!

HENSHIN!!! Bersamaan dengan teriakan penuh semangat keadilan, Kotaro Minami pun mulai berubah. Satu persatu bagian tubuhnya mulai berubah menjadi Kamen Rider Rx.

Siapa sih yang ga tau cuplikan adegan diatas? ( banyak brooohhhh, itu kan film jadul ) iya juga yah, Kamen Rider Rx tuh film jaman gw SD, atau TK ya? Lupa. Dan yak! Gw udah enggak ABeGe lagi sekarang. Dan mungkin kamu juga ga tau apa itu Kamen Rider Rx. Tapi kamu tau donk istilah HENSHIN?

HENSHIN itu kan yang “HuACHI, HuaCHI” itu kan ya? ITU BERSIN!!

Eniwei HENSHIN memiliki arti TRANSFORMASI. Dan Biasa Dilakukan jagoan-jagoan di TV untuk memperoleh atau mengeluarkan kekuatan yang tersembunyi di dalam dirinya untuk menumpas kejahatan. Dan di beberapa serial Tokusatsu dan Anime ada beberapa pose HENSHIN yang sudah menjadi Ciri Khas sebuah Karakter.


1. Kamen Rider Rx

Nah seperti ilustrasi diatas, jagoannya bernama Kotaro Minami. Dan Pose nadalannya seperti gambar berikut.


2. Ultraman

Sampe sekarang, Ultraman udah banyak generasinya, tapi tetep gaya andalannya ya pas doi berubah gede, makin gede, tambah gede, dan akhirnya jadi RAKSASA.


3. Super Saiyan

Wuih ini anime sepanjang masa!! Siapa yang ga tau Dragonball? Masing-masing dari kita (atau paling engga yang satu generasi sama gw) pasti pernah berpose sambil ngeden0ngeden sekuat tenaga berharap ada kekuatan terpendam yang keluar. Dan tiba-tiba : PRET!! (Haiyah).


4. Sailormoon

Anime ini juga punya tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Yang paling gw inget adalah saat sang Heroine, Usagi Tsukino, melakukan Henshin dan jadi *maaf* bugil, tapi ya dibuat warna-warni (kan tontonan anak-anak) lalu abis selesai HENSHIN dia berpose dan bilang : “Dengan kekuatan Bulan, Akan Menghukummu!”
SADEEEEEESSSSSS!!


Sebenarnya proses HENSHIN juga banyak dipakai di anime-anime atau serial Tokusatsu lain, namun Ciri Khas adalah karisma absolute yang wajib dilestarikan.

Pesan Moralnya apa nih Rifdhan-san?! Kaga ada! Sharing Ngalor Ngidul aja Post kali ini!

Tetep Peace, Love, And Gaul, Guys!! MUAHAHAHAHAHAHAHA

Categories: Pop-Culture | Tags: , , , , , , , | Leave a comment

Vending Machines!!!

Vending Maachine, kalo di Indonesia kita jarang bet nenuin vending machine atau bahasa jermannya “mesin penjual otomatis”. Beberapa ada sih kayak di halte busway, biasanya ka nada tuh vending machine coca-cola, Cuma kalo mau beli harus bilang ke mas-mas penjaga halte (sama aja bo’ong ). Atau pas gw ke Java Jazz juga ada tuh vending machine buat minuman. Tapi ya kalo ga ada event, kita jarang bet liat vending machine, LANGKA!!

Nah, di post kali ini gw bakal tunjukin 7 Vending machine aneh yang ada di Jepang yang terkenal sebagai “ kota yang punya vending machine terbanyak di dunia” statistiknya 23 orang / 1 vending machine. Hadeeeehhh.

Continue reading

Categories: Pop-Culture | Tags: , , , , | Leave a comment

Blog at WordPress.com.