Posts Tagged With: bully

Ijime. Bullying. Not Cool, Bro!

*mondar-mandir kesel*
Lho kenapa masberoh? Keliatannya bahagia banget?

INI KESEL!! BUKAN BAHAGIA!!
iya-iya bercanda…gitu aja marah. Kesel kenapa sih emang?

Lo tau kan kalo akun twitter @JapanOhJapan_ udah launching? Kan gue jadi adminnya, masa banyak yg manggil Gue ‘Om’, ‘Bang’, bahkan ada yang manggil Gue ‘Min’!! emang Gue lagi berdoa, di-amin-in?!
Saya bingung masberoh mau kasian apa mau gebukin masberoh. ‘Min’ itu artinya ‘Admin’!!!

Oh gitu..haha. tapi tetep aja umur Gue masih 22 tahun masa di panggil ‘Om’?! Gue ga jualan bakso masa dipanggil ‘Bang’?!
Emang masberoh maunya dipanggil apa sih?

‘Akang Tampan <3’. 😐
Gimana kita langsung sharingnya masberoh, keburu saya emosi terus ajak warga gebukin masberoh nih!

Oke, kali ini kita akan sharing tentang Ijime. Apa itu Ijime? Menurut Kementrian Pendidikan Jepang, Ijime adalah “Bentuk penyerangan tertentu, baik secara fisik maupun psikis. Yang dilakukan secara sengaja dan berkelanjutan kepada korban yang lebih lemah daripada pelaku. Dimana si korban merasa dirugikan.”

Ijime itu Bullying Masberoh?
TEPAT! Ijime adalah Kata Jepang untuk Bullying.

Pertama-tama kenapa Ijime bisa hadir dalam budaya Jepang bahkan Ijime itu sendiri tidak bisa dilepaskan dari Jepang? Hal ini terjadi karena masyarakat Jepang sendiri adalah masyarakat yang Homogen dan Seragam. Dikarenakan rasa homogen dan seragam yang sudah mendarah daging inilah  justru orang yang ‘Berbeda’ akan menjadi sasaran Ijime.

Berbeda dalam hal apa Masberoh?
Dalam berbagai hal, misalnya lebih pintar, lebih pendek, lebih bodoh, memiliki hobi yang aneh, murid pindahan (Tenkousei), orang asing (Gaijin), dll. Pokoknya yang dianggap diluar dari kebiasaan, keseragaman, dan tidak sesuai dengan standar kelompok dimana individu yang berbeda itu berada, dia yang bakal jadi target Ijime.

Tapi bukan berarti kalo Ijime = Bullying lho, justru menurut Gue pribadi, Ijime itu lebih parah daripada Bullying (disini gue artikan sebagai bullying orang barat). Kenapa? Continue reading

Advertisements
Categories: Culture | Tags: , , , , , , , , , , | 1 Comment

Create a free website or blog at WordPress.com.